Sabtu 07 Dec 2019 23:04 WIB

Jajanan Sehat dan Generasi Emas Berkualitas

Saat ini banyak jajanan kudapan bermunculan di online.

Jajanan sehat. foto (ilustrasi)
Foto:

Penny mengatakan untuk menciptakan generasi emas sebagai konsumen cerdas pun tidak cukup dengan melakukan sosialiasi saja namun perlu kerjasama aktif para pelaku usaha makanan untuk mendaftarkan produknya sehingga mendapatkan izin edar dari BPOM.

Adanya peran aktif para pelaku usaha untuk mendaftarkan produk yang dijajakannya dapat membantu BPOM untuk melakukan pengawasan terhadap makanan ataupun obat sehingga jika terjadi masalah dapat dengan cepat diselesaikan.

“Tentunya karena sudah terdaftar akan lebih mudah kita melacak dan menarik kembali jika ada masalah. Itulah mengapa yang kita butuh dan yakin bahwa semua produk aman dan terdaftar. Lagian mendaftar kan tidak sulit ya sekarang sudah mudah nanti kita akan terus permudah,” kata Penny.

Pendaftaran izin edar makanan dapat langsung dilakukan pelaku usaha makanan khususnya yang mendapatkan pembinaan dari dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Balai POM terdekat di masing- masing daerah para pelaku usaha.

"Tinggal dilaporkan ke balai- balai terdekat. Namanya notifikasi. Itu kan mudah. Jadi kalau ada stigma itu tidak mudah untuk mendaftar izin di Badan POM, lalu mahal, ya itu tidak benar. Itu terjadi hanya di masa lalu," kata Penny

Selain pendaftaran langsung tersedia juga pendaftaran online yang menurut Penny dapat memangkas waktu pengurusan izin edar dua kali lebih cepat dari masa sebelumnya.

"Karena online jadi lebih cepat, ada yang hitungan jam tapi kembali pada resiko ya. Kalau obat lain lagi, kalau pangan ya jelas bisa dalam hitungan jam atau 1 sampai 3 hari," kata Penny.

Dengan adanya kolaborasi yang dipermudah dengan teknologi itu Penny yakin Indonesia dapat menciptakan generasi emas lewat makanan yang bernutrisi termasuk dari jajanan sekolah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement