Ahad 01 Dec 2019 23:25 WIB

UMKM Depok Expo 2019, Ajang Promosi Produk Wirausaha Baru

Depok Expo 2019 akan melibatkan sekitar 60 pelaku UMKM.

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil
UMKM Depok Expo 2019 di Detos, Sabtu (30/11).
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
UMKM Depok Expo 2019 di Detos, Sabtu (30/11).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok menggelar pameran Depok Expo 2019 yang menampilkan berbagai produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok. Pameran tahunan yang dibuka istri Wali Kota Depok, Elly Farida berlangsung di Depok Town Square (Detos) lantai 1. Acara berlangsung selama dua hari, mulai 30 November hingga 1 Desember 2019.

Kepala DKUM Kota Depok Mohammad Fitriawan mengatakan, pameran tahunan tersebut dimaksudkan guna memperkenalkan produk UMKM khususnya usaha mikro kepada masyarakat. "Pada pameran tersebut juga akan menampilkan berbagai produk Wirausaha Baru (WUB) yang ada di Kota Depok," ujar Fitriawan, Ahad (1/12).

Baca Juga

photo
Istri Wali Kota Depok Elly Farida didampingi jajaran DKUM Kota Depok usai membuka acara Depok Expo 2019 di Detos, Sabtu (30/11).

Dia mengutarakan, maksud penyelenggaraan ajang tersebut adalah untuk meningkatkan promosi dan informasi tentang produk UMKM Kota Depok. "Produk tersebut dihasilkan oleh WUB binaan kita, serta meningkatkan akses pasar bagi produk UMKM Kota Depok," tutur Fitriawan.

Menurut Fitriawan, Depok Expo 2019 akan melibatkan sekitar 60 pelaku UMKM dari berbagai bidang. Mulai dari kuliner, fashion, hingga kerajinan (craft). "Pameran akan menampilkan produk unggulan dari pelaku wirausaha baru yang telah mendapatkan pelatihan dari Pemkot Depok maupun komunitas UMKM," terangnya.

Dia menjelaskan, selain menampilkan berbagai produk unggulan UMKM, pada pameran tersebut juga akan diadakan acara bincang-bincang seputar bisnis. Acara tersebut akan membahas terkait dunia bisnis, pemasaran online, dan lainnya agar menambah wawasan bisnis pelaku usaha mikro di Kota Depok," jelas Fitriawan.

Pihaknya, lanjut Fitriawan juga menampilkan beragam kegiatan untuk memeriahkan suasana UMKM Depok Expo 2019. "Agar semakin meriah, kami juga akan mengadakan pentas seni dan fashion show. Selain itu, juga akan digelar berbagai lomba. Diantaranya lomba mewarnai antar Taman Kanak-kanak (TK), lomba senam kreasi, lomba qasidah majelis taklim antar kecamatan, dan lomba band antar SMA/SMK sederajat," ujarnya.

photo
Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan di antara peserta Wirausaha Baru 2019

Depok Expo 2019 ini, sekaligus menjadi penutup rangkaian pembinaan DKUM terhadap 11 grup Wirausaha Baru yang dibina sejak awal 2019 lalu. Ke 11 anggkatan di WUB tersebut telah mengikuti rangkaian sosialisasi di antaranya pelatihan Ketahanan Pangan, Pelatihan Kemasan Produk, Sosialisasi Halal dan HAKI, Manajemen Keuangan dan lainnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement