Rabu 20 Nov 2019 23:29 WIB

BNN Depok Dukung Komitmen Kantor Pemerintah Bebas Narkoba

Tes urine ini adalah untuk melindungi pegawai dan mengetahui sejak dini pegawainya.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN)  melakukan tes urine
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok terus berupaya menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba. Termasuk juga di lingkungan kerja pemerintahan, dengan terus melakukan edukasi terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kepala BNN Kota Depok, AKBP Rusli Lubis mengatakan, P4GN terus dilakukan untuk semakin meningkatkan komitmen dengan Pemerintah Kota Depok dalam memberantas narkoba. Termasuk menggelar tes urine kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Baca Juga

Kegiatan ini diperkuat juga dengan Instruksi Presiden No 6 Tahun 2018 dan Surat Edaran Menteri PANRB No 50 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika di Lingkungan Instansi Pemerintah. "Wali Kota Depok juga sudah mengeluarkan Perwal pendukung," ujar Rusli di Kantor BNN Kota Depok, Rabu (20/11).

Menurut Rusli, tujuan lain dari pelaksanaan tes urine ini adalah untuk melindungi pegawai dan mengetahui sejak dini jika ada pegawai yang terkontaminasi. Jika ada pegawai yang terkena dampak awal dari penyalahgunaan narkoba, maka dapat dengan segera direhabilitasi.

"ASN adalah seorang figur yang memberi pelayanan kepada masyakarat yang harus dapat bersih dari penyalahgunaan narkoba. Jika terpapar penyalahgunaan narkoba, maka akan berdampak langsung dan mengganggu cara kerja ASN dalam memberikan pelayanan," tuturnya.

Dia menambahkan, selain merupakan implementasi dari program nasional, tes urine ini juga bermaksud untuk menjaga keselamatan kerja mulai dari kepala Perangkat Daerah (PD) hingga kelurahan. "Mudah-mudahan seluruh ASN di Pemkot Depok tidak ada yang terindikasi, apalagi pengguna narkoba. Jauhilah narkoba jangan coba-coba," pungkas Rusli.

Wakil Wali kota Depok, Pradi Supriatna mendukung gerakan bersih narkoba di lingkungan kerja Pemkot Depok. "Saya sudah ikut tes urine, hasilnya negatif. Jadi, kami bekerjasama dengan BNN Kota Depok untuk memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa di lingkungan ASN Pemkot Depok bersih narkoba," jelasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement