Rabu 20 Nov 2019 11:38 WIB

Menteri PPPA Ajak Warga Bersinergi Perjuangkan Hak Anak

Anak-anak diberikan hak-hak dan peluang untuk menyalurkan pendapatnya.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andi Nur Aminah
Anak-anak Indonesia (ilustrasi)
Foto: Thoudy Badai
Anak-anak Indonesia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menghadiri acara Convention on The Rights of The Child (CRC@30) di Balai Kota Solo, Selasa (19/11). Acara digelar dalam menyambut Peringatan Hari Anak Sedunia dan 30 Tahun Konvensi Hak Anak (KHA) yang jatuh pada 20 November 2019.

Kegiatan tersebut diikuti 150 anak dari Forum Anak Kota Surakarta (FAS) dan Jawa Tengah. Menteri PPPA menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Solo karena Forum Anak di Jawa Tengah khususnya di Kota Solo sangat luar biasa. Anak-anak diberikan hak-hak dan peluang untuk menyalurkan pendapatnya dalam musyawarah perecanaan dan pengembangan (Musrenbang). "Ini artinya mereka sudah dilibatkan pemerintah dalam proses pembangunan di Jawa Tengah," kata Menteri Bintang seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu (20/11).

Baca Juga

Menteri PPPA meminta anak-anak untuk ikut mendukung dan bersinergi demi mewujudkan pemenuhan hak mereka. Jika forum anak dapat menggeliat maju memperjuangkan hak anak di seluruh Indonesia, lanjutnya, maka 50 persen tanggung jawab Menteri PPPA akan dengan mudah diwujudkan bersama.

Selain itu, Menteri Bintang juga berharap berbagai kemajuan dan hal positif yang dilakukan Forum Anak Jawa Tengah khususnya di Kota Solo ini dapat menjadi contoh bagi forum anak di seluruh Indonesia. "Untuk seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah pusat, provinsi maupun kota, mari kita bergandengan tangan. Jalan berdampingan bersama anak-anak di Solo, Jawa Tengah, dan seluruh Indonesia untuk memperjuangkan hak-hak mereka," ungkap Bintang.

Bintang menyatakan, sesuai catatan khusus Presiden Joko Widodo, program prioritas untuk lima tahun ke depan yang harus dilakukan dalam memenuhi hak anak, yakni fokus untuk meningkatkan peran ibu dalam pendidikan anak, menurunkan angka pekerja anak, dan menurunkan angka perkawinan anak. Acara CRC ke-30 tersebut dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, dan Perwakilan Unicef Indonesia Debora Comini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement