Sabtu 16 Nov 2019 05:37 WIB

Bawaslu Solo Siapkan Rekrutment Pengawas Tingkat Kecamatan

Netralitas personel menjadi target dalam pencarian pengawas di tingkat kecamatan

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Bawaslu
Bawaslu

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solo memulai tahapan penjaringan calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dengan melakukan pengumuman pendaftaran pada Rabu (13/11). Netralitas personel menjadi target utama dalam mencari kader terbaik dari masyarakat untuk menjadi pengawas di tingkat kecamatan.

Ketua Bawaslu Solo, Budi Wahyono, mengatakan Bawaslu Solo melakukan pengumuman rekrutment panwascam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 melalui berbagai media mulai Rabu. "Jadi hari ini merupakan awal dilakukannya penempelan pengumuman, mulai dari papan pengumuman di Kantor Bawaslu Solo, Kantor kecamatan hingga tempat umum lainnya. Selain itu di laman website kami juga sudah ami lakukan pengumuman," terang Budi Wahyono seperti tertulis dalam siaran pers belum lama ini.

Dia berharap masyarakat yang peduli pada keberlangsungan pemilihan kepala daerah, bisa ikut berpartisipasi dengan mendaftar sebagai pengawas di tingkat kecamatan. Bawaslu Solo mengajak para Sahabat Bawaslu dan masyarakat yang memiliki kompetensi untuk dapat mempersiapkan diri mengikuti proses seleksi tersebut.

Bawaslu mencatat Kota Solo nantinya akan membutuhkan sebanyak 15 personel panwascam. Hal itu sesuai dengan jumlah personel panwascam tiga orang di lima kecamatan di Kota Solo. Setelah dipasang pengumuman, lanjutnya, masyarakat yang berminat bisa melakukan berbagai persiapan sebagai syarat pendafataran. Syarat pendaftaran di antaranya, ijasah terakhir yang dilegalisir, pas foto 4x6, fotokopi KTP elektronik, dan persyaratan lain yang bisa diunduh dari laman website bawaslu, maupun langsung datang di kantor bawaslu.

"Kami juga menekankan agar personel panwascam merupakan personil yang netral yakni bukan anggota Partai Politik (Parpol) manapun. Hal ini menjadi persyaratan wajib yang diwujudkan dalam surat keterangan tertulis dalam berkas pendaftaran," imbuh Budi.

Pengumuman tersebut akan diaksanakan sampai 26 November 2019. Sementara pendaftaran akan mulai dilayani pada 27 November hingga 3 Desember 2019 dari pukul 08.00 -16.00 WIB. "Kami akan lakukan seleksi administrasi hingga kecakapan dari para pendaftar calon panwascam sesuai tahapan," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement