Senin 11 Nov 2019 14:19 WIB

Pengamat: Nasdem Tengah Citrakan Punya Pemimpin Bertalenta

Partai Nasdem juga sedang ingin mencitrakan partai dengan gerakan perubahan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh didampingi menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Nasdem seperti Syahrul Yasin Limpo, Siti Nurbaya,   hadir dalam rangkaian kegiatan Kongres II partai Nasdem di Jiexpo, Kemayoran, Sabtu (9/11).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh didampingi menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Nasdem seperti Syahrul Yasin Limpo, Siti Nurbaya, hadir dalam rangkaian kegiatan Kongres II partai Nasdem di Jiexpo, Kemayoran, Sabtu (9/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pengamat politik dan pendiri lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) Hendri Satrio merespon manuver yang dilakukan Partai Nasdem untuk mempersiapkan diri di Pemilihan Presiden 2024. Hendri menilai Partai Nasdem tengah mencitrakan diri sebagai partai yang memiliki calon pemimpin-pemimpin masa depan yang bertalenta.

Ini dibuktikan dengan Nasdem yang telah melirik empat tokoh antara lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Partai ini ujungnya mencitrakan diri sebagai partai yang memiliki talenta-talenta bagus, kan dia kumpulin nih, ada Anies, Ridwan Kamil, Khofifah, kan diundang," ujar Hendri saat dihubungi wartawan, Senin (11/11).

Menurut Hendri, Partai Nasdem juga sedang ingin mencitrakan partai dengan gerakan perubahan. Ini dengan kekuatan calon-calon pemimpin yang ingin didorong partai besutan Surya Paloh tersebut.

"Calon-calon pemimpin masa depan ini, jadi dia akan mencitrakan gerakan perubahan ceritanya dengan talenta-talenta bagus di dalam," ujar Hendri.

Hendri pun menilai strategi tersebut bisa membuat peluang  Nasdem bersaing di Pilpres 2019 cukup besar. Sebab, kumpulan para talenta itu dinilai bisa akan menjadi juru kampanye yang bagus untuk Nasdem. Meskipun, kata dia, ada sisi negatif yang orang tahu tentang Partai Nasdem belum siap menciptakan kader sendiri.

"Positifnya elektoral dan popularitas Nasdem makin meningkat tapi negatifnya orang makin tahu Nasdem belum siap. tapi over all ini manuver politik biasa dan bagus," ujar Dosen komunikasi di Universitas Paramadina tersebut.

Sebelumnya, Partai Nasdem menjadi salah satu partai yang tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Ketua DPP Partai Nasdem, Zulfan Lindan bahkan mengatakan, pihaknya telah melirik empat gubernur untuk diusung pada kontestasi berikutnya.

Keempatnya yakni, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Serta, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Kita melihat banyak generasi muda yang akan muncul, ada empat gubernur, Jateng, Jatim, Jabar, dan DKI, inilah yang harus kita usung orang-orang ini," ujar Zulfan di Cikini, Jakarta Pusat, Ahad (10/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement