Senin 11 Nov 2019 08:32 WIB

Dinkes Papua Fokus pada Kesehatan Jiwa Anak-Remaja 2020

Dinkes Papua latih 23 guru untuk melakukan pemeriksaan gangguan kesehatan jiwa.

Kegiatan siswa di sekolah di Wamena, Papua.
Foto: Dok Pendam XVII Cenderawasih
Kegiatan siswa di sekolah di Wamena, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua akan fokus melayani kesehatan jiwa pada anak dan remaja di sekolah tingkat SMA di kabupaten/kota yang ada di provinsi itu. "Kami akan menindaklanjuti penanganan kesehatan gangguan jiwa pada anak dan remaja pada 2020 melalui dana bantuan operasional kesehatan (BOK) provinsi," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Papua, Aaron Rumainum, Ahad (10/11).

Ia mengatakan ranahnya kabupaten/kota di Papua mulai dari sekolah dasar (SD) sampai sekolah mengah pertama (SMP). Untuk tingkat SMA merupakan ranahnya Dinkes Provinsi Papua.

Baca Juga

Aaron mengatakan akan menangani pelayanan kesehatan gangguan jiwa pada anak dan remaja untuk tingkat SMA di kabupaten/kota di Papua. Masalah kesehatan jiwa pada anak dan remaja khusus tingkat SMA dari beberapa penelitian pada 2017 lebih banyak gangguan jiwa pada usia satu-15 tahun ke atas.

Kemudian yang kedua, pada usia 10-14 tahun. Untuk itu, butuh penanganan khusus kedepan.

"Anak-anak SMA ini akan menjadi perhatian kita bersama pada 2020 nanti guna menangani mereka," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua melatih 23 guru dari 13 sekolah di tujuh kabupaten untuk melakukan pemeriksaan gangguan kesehatan jiwa anak dan remaja di sekolah. "Kegiatan ini baru pertama sekali di Papua, dan itu pun tidak mengundang semua sekolah, hanya melibatkan 23 guru dari 13 sekolah yang ada di tujuh kabupaten yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Nabire, Timika, Biak dan Kabupaten Merauke," kata Aaron.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement