Sabtu 02 Nov 2019 13:03 WIB

Pekerjaan Rumah Nan Berat Kapolri Baru

Kasus Novel Baswedan menjadi satu pekerjaan rumah berat Kapolri baru, Idham Azis

Kapolri Jenderal Idham Azis

Pesan Tito

Mantan kapolri yang kini menjadi Mendagri, Jenderal Tito Karnavian, mengingatkan kepada Kapolri Jenderal Pol Idham Azis terkait tugasnya yang tak gampang. Tito mengatakan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Idham.

"Karena, internal saja harus ngurusin 450 ribu orang. Eksternal ada 34 polda, 500 lebih polres, hampir 5.000 polsek yang tersebar di seluruh wilayah. Kemudian, melaksanakan tugas pokok pemeliharaan kamtibnas, sambil juga pelayanan kepada publik," ujar Tito di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11). 

Selain itu, menurut dia, penegakan hukum di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Apalagi, kata Tito, Indonesia merupakan negara yang majemuk dengan demokrasi yang cenderung bebas.

"Jadi, permasalahan ideologis, politis, pilkada tahun depan 270 daerah itu akan banyak sekali. Lalu, permasalahan kejahatan-kejahatan konvensional, seperti perampokan, begal, kekayaan negara, illegal logging, illegal fishing, masalah lingkungan," kata dia.

Tito menyatakan, bakal menjalin kerja sama yang erat dengan Kapolri. Tito juga menambahkan, bakal mendorong para kepala daerah untuk membangun sinergi yang lebih baik dengan kepolisian, TNI, kejaksaan tinggi, dan pengadilan tinggi.

Menurut dia, jika forum komunikasi pimpinan daerah solid, daerah yang dibawahi akan terjaga keamanannya.

(ed: satria kartika yudha)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement