Kamis 17 Oct 2019 02:03 WIB

Donasi untuk Perantau Minang di Wamena Hampir Rp 6 Miliar

Donasi untuk perantau Minang masih dibuka.

Perantau Minang ingin tinggalkan Wamena, Papua.
Foto: Republika
Perantau Minang ingin tinggalkan Wamena, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengatakan dana yang terkumpul di rekening Sumbar Peduli Sesama untuk membantu perantau Minang di Wamena sudah mendekati Rp 6 miliar. Dari jumlah tersebut, telah dikucurkan sekitar Rp 2 miliar untuk pemulangan lebih dari 800 perantau.

"Kami masih menerima donasi untuk perantau Minang di Wamena," kata Irwan usai menerima donasi dari Pemerintah Kota Pariaman untuk perantau Minang di Wamena, Rabu (16/10).

Baca Juga

Ia menjelaskan masih dibukanya donasi tersebut karena berapa pun dana yang terkumpul tidak dapat membantu mencukupi kebutuhan perantau Minang di Wamena. Hal tersebut, menurutnya, dilihat berdasarkan kerusakan bangunan yang ditimbulkan pascakerusuhan serta modal usaha yang akan diberikan kepada perantau.

"Perbaikan bangunan perlu dibantu, tambah lagi modal usaha walaupun Rp 5 juta atau Rp 10 juta akan termanfaatkan oleh mereka," katanya.

Apalagi, masih ada perantau Minang yang biaya kepulangannya perlu dibantu. Ia menyebutkan saat ini saldo rekening Sumbar Peduli Sesama sekitar Rp 3,8 miliar yang berasal dari berbagai sumber.

"Yang belum kami berikan itu santunan untuk perantau yang ada di sana karena masih pendataan," ujar dia.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan juga ikut mengumpulkan donasi untuk membantu perantau Minang di Wamena yang diserahkan langsung kepada Gubernur Sumbar. "Dana yang terkumpul Rp 194.175.000 yang pengumpulannya dengan cara 'bandoncek'," katanya.

Ia menyampaikan dana tersebut sebelumnya sudah dikumpulkan, namun kembali dilakukan penggalangan dana usai senam pagi tadi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement