Rabu 16 Oct 2019 14:38 WIB

Elemwe Desain Kain Ondel-Ondel Bermotif Topeng Betawi

Dengan batik orang bisa memberikan informasi seni budaya kota Jakarta.

Sepasang Ondel-Ondel yang diserahkan Walikota Jakarta Timur pada Rabu (9/10) terpampang di Kantor Imigrasi Jakarta Timur.
Foto: dokpri
Sepasang Ondel-Ondel yang diserahkan Walikota Jakarta Timur pada Rabu (9/10) terpampang di Kantor Imigrasi Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Boneka Ondel-Ondel identik dengan salah satu budaya Kota Jakarta. Kesenian turun-temurun ini dinilai patut dilestarikan sebagai ajang promosi budaya.

Oleh karenanya guna melestarikan seni boneka Ondel-Ondel, Wali Kota Administratif Jakarta Timur, M Anwar, menyerahkan Ondel-Ondel kepada Kantor Imigrasi Jakarta Timur dengan tujuan meningkatkan promosi seni budaya Kota Jakarta. Ondel-Ondel diletakkan di Kantor Imigrasi Jakarta Timur agar bisa dilihat  seluruh masyarakat yang datang ke Kantor Imigrasi.

Bergambar Topeng Betawi dengan Burung Sri Gunting dan Pohon Bambu, Sepasang Ondel-Ondel yang diserahkan Walikota Jakarta Timur pada Rabu (9/10) ini kini terpampang di Kantor Imigrasi Jakarta Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Desainer Batik Elemwe, Lily Mariasari, mengambil kesempatan menerima tawaran Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Timur, Iwan H Wardhana untuk mendesain kain motif Betawi untuk baju Ondel-Ondel. 

Ia bercerita, awalnya dirinya diminta membuat desain motif Betawi untuk beberapa karyawan di beberapa Dinas di DKI Jakarta. Tujuannya, supaya dengan batik kita bisa memberikan informasi seni budaya kota Jakarta.

"Nah, suatu waktu saya diberikan kesempatan oleh Bapak Iwan untuk membuat kain motif Betawi yang berbeda juga lebih mengikuti desain yang makin berkembang dan ternyata tanggapannya sangat positif. Selanjutnya saya diminta membuat desain kain Ondel-Ondel dengan motif Betawi," ujar Lily dalam siaran persnya, Rabu (16/10).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement