Senin 14 Oct 2019 12:43 WIB

Jokowi Ingatkan Masyarakat tak Salahgunakan Teknologi

Jokowi meresmikan Palapa Ring.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID,   JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini meresmikan Palapa Ring sebagai infrastruktur komunikasi berkecepatan tinggi di seluruh daerah. Jokowi berharap, tuntasnya pembangunan Palapa Ring ini dapat mengurangi ketimpangan konektivitas digital antardaerah.

"Untuk Indonesia bagian barat Palapa Ring telah selesai tahun lalu, Indonesia bagian tengah awal tahun ini sudah selesai. Kemudian yang terakhir Indonesia bagian timur akhir Agustus lalu sudah selesai," ujar Jokowi saat memberikan sambutannya di Istana Negara, Jakarta, Senin ( 14/10).

Baca Juga

Presiden menjelaskan, Palapa Ring ini memberikan manfaat di berbagai sektor, seperti sektor ekonomi, sosial budaya, politik, dan juga manajemen pemerintahan. Dengan infrastruktur tol langit ini, Jokowi yakin dapat lebih menyatukan masyarakat di berbagai daerah.

"Konektivitas digital ini harus mampu kita manfaatkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Untuk menguatkan persatuan kita, persaudaraan di antara kita, untuk memperkuat dan memperbaiki pendidikan kita, memfasilitasi lalu lintas ilmu pengetahuan dan menembus seluruh pelosok nusantara," terangnya.

Di sektor ekonomi, Jokowi yakin kehadiran Palapa Ring dapat memperkuat perdagangan masyarakat antardaerah. Berbagai produk UMKM pun dapat dipasarkan ke pasar nasional bahkan internasional sehingga juga dapat memperkuat industri tanah air.

Kendati demikian, ia mengingatkan agar perkembangan teknologi digital dan konektivitas yang semakin cepat ini tak disalahgunakan seperti untuk menyebarkan hoaks, ujaran kebencian, dll.

"Saling menjelekan, saling mencela di media sosial harus dihentikan. Termasuk mencegah kejahatan siber dan kejahatan lainnya agar tidak semakin berkembang di negara kita," tambah Jokowi.

Selain itu, Palapa Ring juga diharapkan dapat mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sehingga seluruh masyarakat dapat mengakses pengetahuan melalui teknologi yang semakin cepat ini.

Presiden juga meminta agar seluruh aparatur pemerintah dapat memanfaatkan beroperasinya tol langit untuk mempercepat terwujudnya birokrasi yang efisien, meningkatkan akuntabilitas publik, serta meningkatkan akurasi kebijakan-kebijakan pemerintah.

"Bagi seluruh rakyat Indonesia saya berpesan gunakan konektivitas digital ini dengan baik, gunakan internet secara bijak. Gunakan konektivitas digital ini dengan baik," ujar Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement