Jumat 27 Sep 2019 23:20 WIB

Pemprov Sumbar Upayakan Pemulangan Warganya dari Papua

Pemprov Sumbar meminta bantuan berbagai pihak pulangkan warganya.

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam acara Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 yang digelar di hotel Mercure Padang, Rabu (24/4).
Foto: Humas Pemprov Sumbar
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam acara Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 yang digelar di hotel Mercure Padang, Rabu (24/4).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, menyatakan pihaknya akan berupaya memulangkan ratusan warganya yang kini sedang terjebak dalam situasi kerusuhan di Wamena, Papua.

Saat ini, kata Irwan, Pemprov Sumbar diwakili Wakil Gubernur Sumbar sedang dalam perjalanan ke Papua untuk meninjau langsung kondisi perantau Minang yang ada di Kota Jayapura. Saat ini mayoritas perantau Sumbar yang ada di Wamena mengungsi ke Kota Jayapura.

Baca Juga

"Pemprov akan selalu mengupayakan bantuan dari semua pihak untuk membantu kepulangan perantau minang yang ada di Wamena," kata Irwan saat dikonfirmasi Republika.co.id, Jumat (27/9).

Irwan mengatakan dalam proses pemulangan warganya dari Papua nanti tidak menutup kemungkinan dengan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Karena apa yang dialami warga Sumbar dan warga asal daerah lain yang kini berada di Wamena adalah sebuah bencana.

Pemprov Sumbar juga meminta bantuan berbagai pihak termasuk kepada perantau Sumbar yang ada di daerah lain untuk menolong saudara-saudara yang kesulitan di Papua. 

Irwan mendoakan agar warga Sumbar yang ada di Papua bisa kembali menikmati hidup normal. Yakni hidup tanpa ada kegaduhan dan ancaman dari pihak manapun. "Saat ini Wagub sedang berangkat menuju Wamena untuk melihat dan menyapa secara langsung perantau Minang yang ada di sana," ucap Irwan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement