Jumat 27 Sep 2019 21:41 WIB

Depok Ingatkan Peran Orang Tua Cegah Balita Tumbuh Kejar

Elly menekankan orang tua untuk memberi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Makanan menarik, sehat dan bergizi untuk anak (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Makanan menarik, sehat dan bergizi untuk anak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida, mengingatkan orang tua untuk berperan aktif mencegah balita tumbuh kejar. Menurut Elly, orang tua khususnya ibu harus lebih memerhatikan terhadap apa yang dikonsumsi anak sejak kecil.

"Karena apa yang didapat akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya hingga dewasa. Orang tua menjadi elemen utama yang bertugas memantau perkembangan anak. Orang tua sebagai pendidik utama dan memiliki peran terhadap anak. Terlebih pada periode 1.000 hari pertama," ujar Elly saat menghadiri acara Reward Balita Tumbuh Kejar di Aula Lantai 1 Balai Kota Depok, Jumat (27/9).

Elly menekankan orang tua untuk memberi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Selain juga mengunakan ASI secara ekslusif, yakni selama enam bulan dan maksimal dua tahun. "Sejak kecil anak sudah harus terpenuhi gizinya. Tak lupa juga untuk beri ASI ekslusif," jelas dia.

Elly menambahkan, ayah juga memiliki peran besar untuk perkembangan anak. Tentu dengan memberikan dukungan kepada ibu agar terus berusaha meningkatkan status kesehatan anak. "Semangat dari ayah sangat dibutuhkan ibu agar dalam menjalankan tugas dan perannya bisa maksimal. Demi menjadikan anak sehat dan cerdas," pungkas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement