Jumat 20 Sep 2019 14:13 WIB

Puluhan PKL di Suryakencana Bogor Direlokasi

Pemkot Bogor kembali melanjutkan penataan kawasan Suryakencana.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali melanjutkan penataan kawasan Suryakencana. Penataan tahap dua ini tidak hanya pedestrian yang direvitalisasi tetapi juga penataan Pasar Bogor dan sekitarnya dengan melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Bata yang menghubungkan Jalan Roda dengan Suryakencana.

Kepala Satpol PP Kota Bogor Heri Karnadi mengatakan, penertiban Jalan Bata menjadi rangkaian penataan fisik wilayah Suryakencana, yang sudah direncanakan sejak dua tahun lalu. Namun penertiban baru bisa dimulai sekarang mengingat pekerjaan utama revitalisasi pedestrian sebelah kiri yang akan segera dikerjakan.

AYO BACA : Ade Yasin: Bogor Sedang Ruwet Sampah

"Akan berubah secara fisik, yang tadinya digunakan pedagang basah dan sayur akan diubah menjadi pusat kuliner malam hari termasuk tujuh gang di sepanjang Surken," ujarnya, Jumat (20/9/2019).

Heri menuturkan, Jalan Bata dipastikan kosong dari pedagang dan parkir. Minggu yang lalu pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang melalui tiga sampai empat kali pertemuan.

AYO BACA : 1.645 Rumah di Bogor Terdampak Pembangunan Kereta Double Track

Diputuskan pedagang yang berjualan pada siang hari, dipindah ke bawah terowongan Plaza Bogor di Jalan Roda, sedangkan parkir motor dipindah ke atas balkon Pasar Bogor. Sementara pedagang malam, dipindah ke sebelah Klenteng.

"Kita sudah siapkan tempatnya, tinggal pindah. Hari ini pembersihan, hari berikutnya mulai penggalian, drop alat berat. Ini penanda juga bahwa ada pembangunan karena target pembangunan pusat kuliner rampung Desember mendatang," kata Hery.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Pakuan Jaya Muzakkir menuturkan, jumlah pedagang yang biasa berjualan di Jalan Bata ada 56 pedagang siang dan 114 pedagang malam. Menurutnya relokasi berjalan dengan lancar karena semua pedagang menerima dengan baik relokasi ini.

Ia menambahkan, saat ini sedang dilakukan penataan lantai tiga Pasar Bogor yang nantinya akan menjadi lokasi pemindahan para pedagang. Penempatan di lantai tiga bukan tanpa alasan, sebab berdekatan dengan tempat parkir, sehingga memudahkan penjual dan pembeli.

"Target selesainya sekitar tiga bulan lagi karena program penataan ini sudah direncanakan dari lama," katanya.

AYO BACA : Diserang Monyet Liar, Seorang Anak di Bogor Dilarikan ke RS

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement