Selasa 03 Sep 2019 15:19 WIB

Puskesmas di Kota Sukabumi akan Buka Hingga Malam

Layanan ini bisa membantu warga memperoleh layanan kesehatan yang memadai.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi layanan puskesmas.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi layanan puskesmas.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Layanan kesehatan puskesmas di Kota Sukabumi akan akan buka hingga malam hari. "Ada tiga puskemas yang membuka layanan kesehatan hingga malam hari,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Selasa (3/9).

Awalnya, puskemas melayani warga dari pagi hingga pukul 14.00 WIB. Namun, kata Fahmi, saat ini ketiga puskesmas tersebut membuka layanan lanjutan dari pukul 15.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Ketiga puskesmas itu adalah Baros, Sukabumi, dan Selabatu.

Baca Juga

Pembukaan jam layanan hingga malam untuk mengantisipasi apabila ada masyarakat mengalami gangguan kesehatan dan tidak bisa berobat pada pagi atau siang hari. Warga bisa tetap mengakses layanan kesehatan di malam hari dan tidak antre pada sore atau malam hari.

Menurut Fahmi, pembukaan layanan puskesmas sore ini akan diperluas hingga ke semua puskesmas. Harapannya layanan ini bisa membantu warga dalam memperoleh layanan kesehatan yang memadai.

Di sisi lain, ia juga tetap menggulirkan program homecare, yakni satu perawat di setiap kelurahan. Saat ini ada 15 kelurahan yang sudah ditempatkan perawat dan kelurahan lainnya akan segera menyusul.

"Homecare ini membantu warga yang tidak bisa ke puskesmas atau rumah sakit karena kendala usia ataupun tidak ada yang merawatnya,’’ ujar Fahmi. 

Nantinya perawat yang akan mengunjungi rumah warga yang sakit tersebut. Program ini mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat. Dalam artian layanan ini akan diadopsi oleh pemerintah pusat.

Program lainnya adalah Rumah Singgah bagi pasien asal Sukabumi yang dirujuk ke RSHS Bandung dan rumah sakit lainnya juga menjadi inovasi yang diapresiasi pemerintah provinsi. Warga asal Sukabumi bisa tinggal untuk sementara waktu di rumah singgah sambil menunggu pengobatan di rumah sakit.

"Layanan rumah singgah ini dikerjasamakan dengan Rumah Zakat dan baru Sukabumi yang menjalankannya sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Sukabumi," kata Fahmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement