Selasa 25 Feb 2020 08:22 WIB

Ribuan Warga Sukabumi Jangkau Layanan Puskesmas Klinik Sore

Saat ini ada tiga puskemas di Sukabumi membuka layanan kesehatan hingga malam hari.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi (berpeci)
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi (berpeci)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Layanan kesehatan puskesmas di Kota Sukabumi dioptimalkan keberadaannya. Kini sarana kesehatan tersebut buka hingga malam hari dan setahun menjangkau belasan ribu warga Sukabumi. "Saat ini ada tiga puskemas yang membuka layanan kesehatan hingga malam hari," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Selasa (25/2).

Awalnya, puskemas melayani warga dari pagi hingga pukul 14.00 WIB. Saat ini ungkap Fahmi, ketiga puskesmas tersebut membuka layanan lanjutan dari pukul 15.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Ketiga puskesmas itu yakni Baros, Sukabumi, dan Selabatu.

Baca Juga

Pembukaan klinik sore ini terang Fahmi, untuk mengantisipasi apabila ada masyarakat mengalami gangguan kesehatan dan tidak bisa berobat pada pagi atau siang hari. Sehingga warga bisa tetap mengakses layanan kesehatan di malam hari dan tidak antri pada sore atau malam hari.

Pembukaan layanan klinik sore ini lanjut Fahmi, akan diperluas hingga ke semua puskesmas. Harapannya layanan ini bisa membantu warga dalam memperoleh layanan kesehatan yang memadai. Fahmi menuturkan, berbagai inovasi ini dilakukan agar terjadi peningkatan layanan sesuai dengan tagline santun dan melayani. Hal ini sejalan dengan visi Sukabumi yakni mewujudkan masyarakat yang religius, nyaman dan sejahtera (Renyah).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Wiwi Edi Yulafiani menambahkan, layanan puskesmas klinik sore ini akan terus ditingkatkan kualitasnya. Terlebih setiap bulannya ada ribuan warga yang mengakses layanan tersebut.

Misalnya kata Wiwi, pada rentang Januari-November 2019 tercatat sebanyak 14.683 waga yang menjangkau layanan tersebut. Di mana per bulannya ada 1.100 hingga 1.900 pasien yang terlayani. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement