Sabtu 24 Aug 2019 21:37 WIB

Ridwan Kamil Resmikan Rumah Singgah Gratis

Rumah singgah ini terdiri atas 30 tempat tidur bagi pasien anak-anak hingga dewasa.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas merapikan ruangan istirahat Di Rumah Singgah Humanis (Rengganis) di Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/8/2019).
Foto: Antara/Novrian Arbi
Petugas merapikan ruangan istirahat Di Rumah Singgah Humanis (Rengganis) di Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/8/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ridwal Kamil meresmikan Rangganis, atau Rumah Singgah Humanis baru-baru ini. Rangganis ini diinisiasi oleh organisasi Jabar Bergerak yang dipimpin oleh Atalia Kamil yang didukung penuh oleh pemerintah Jawa Barat.

Hadirnya Rangganis ini berawal dari keprihatinan terhadap masyarakat dari daerah yang melakukan pengobatan di RS Hasan Sadikin, Bandung dengan jarak tempuh yang jauh dari tempat tinggalnya. Saat berobat, kadangkala mereka harus tinggal di Bandung untuk menjalani terapi.

Baca Juga

Rumah yang dijadikan lokasi Rangganis sendiri merupakan aset pemerintah daerah Jawa Barat. Rumah Singgah ini dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat khususnya mereka yang sedang menjalani pengobatan di RS Hasan Sadikin. Mulai dari pengidap kanker yang melakukan kemoterapi hingga cuci darah. Bagi pasien dan keluarga pendamping yang tinggal di rumah singgah ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Rumah singgah ini terdiri atas 30 tempat tidur bagi pasien anak-anak hingga dewasa. Setelah dilakukan renovasi, Rangganis dibuka untuk umum pada tanggal 20 Agustus 2019 yang diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Selain didukung pemerintah, sektor swasta juga turut berpartisipasi menjadi donatur termasuk Shafira Corporation yang diwakili oleh brand Zoya. Pada pembukaan tersebut Pendiri Shafira Corporation, Fenny Mustafa juga turut hadir. Ia mengaku sangat bersyukur bisa turut andil dalam program ini.

"Alhamdulillah Rangganis kini telah berdiri, kami sebagai brand busana Muslim dan hijab ikut mendukung hadirnya rumah singgah ini. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (24/8).

Pada 19 Agustus 2019 sebelum launching Rangganis, dilaksanakan juga pengajian oleh ibu-ibu dan dihadiri Atalia Kamil. Zoya berpartisipasi menyumbang 100 kerudung bagi ibu-ibu yang mengikuti pengajian.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement