Selasa 20 Aug 2019 07:22 WIB

Kemendagri Sebut Situasi Manokwari Sudah Kondusif

Kemendagri akan mengumpulkan tiga kepala daerah pascakerusuhan di Manokwari.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andri Saubani
Pohon tumbang menutupi jalan pascakerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/02/2019).
Foto: ANTARA FOTO
Pohon tumbang menutupi jalan pascakerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/02/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soedarmo, mengatakan, situasi di Manokwari, Papua Barat saat ini telah berangsur kondusif. Kemendagri akan mengumpulkan tiga kepala daerah pascakerusuhan di Manokwari.

"Alhamdulillah sudah kondusif," ujar Soedarmo saat dikonfirmasi, Selasa (20/8) .

Baca Juga

Dia melanjutkan, sudah ada pernyataan resmi dari Mendagri Tjahjo Kumolo, terkait tindak lanjut pascakerusuhan yang terjadi di Manokwari pada Senin (19/8). Mendagri akan memanggil Gubernur Papua, Gubernur Papua Barat dan Gubernur Jawa Timur untuk duduk bersama membahas dugaan persekusi yang menimpa mahasiswa Papua di Jawa Timur.

Sebagaimana diketahui, kerusuhan meledak di ibu kota Papua Barat, Manokwari pada Senin pagi. Masyarakat turun ke jalan bersama mahasiswa. Mereka membakar ban-ban di berbagai sudut kota dan jalan protokol, misalnya di kawasan Sanggeng (Hadi Mall) dan juga depan Kampus Universitas Papua (Unipa) Manokwari. Aksi tersebut merupakan bentuk protes terhadap dugaan tindakan persekusi terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang.

[video] Ricuh Papua, Wiranto: Jangan Terpancing Berita Bohong

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement