Jumat 16 Aug 2019 19:00 WIB

Depok Bangun 1.000 Septic Tank Bagi Warga Prasejahtera

Pembangunan septic tank tersebut tersebar di 11 kecamatan dan 63 kelurahan.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Pendataan Warga Miskin (ilustrasi)
Foto: Republika
Pendataan Warga Miskin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok telah merampungkan pembangunan 1.000 septic tank bagi warga prasejahtera. Pembangunan septic tank tersebut tersebar di 11 kecamatan dan 63 kelurahan yang ada di Kota Depok.

"Pembangunannya sudah rampung dan sudah diserahterimakan kepada warga prasejahtera," ujar Kepala Bidang Permukiman, Disrumkim Kota Depok, Sukanda di Balai Kota Depok, Jumat (16/8).

Menurut Sukanda, setiap unit septic tank yang dibangun bersifat kedap air dan memiliki daya tampung yang cukup besar, yakni bisa menampung 600 sampai 1.200 meter kubik limbah cair. "Septic tank yang dibangun ini berbeda dengan yang konvensional, karena kedap air. Sehingga limbah cair yang berada di dalamnya tidak akan mencemari lingkungan sekitar dan sumur warga. Meskipun berjarak kurang dari 10 meter," jelasnya.

Sukanda menambahkan, pembangunan septic tank sebagai salah satu upaya mewujudkan konsep 100-0-100 yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, yakni 100 persen akses air minum dan sanitasi, serta 0 persen permukiman kumuh.

"Kami harapkan dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah, ke depannya tidak ada lagi masyarakat yang membuang hajatnya secara sembarangan, seperti di sungai," kata Sukanda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement