Sabtu 10 Aug 2019 13:17 WIB

Kongres Diaspora Indonesia Kelima Resmi Dibuka di Jakarta

Kongres Diaspora Indonesia ini terbuka untuk umum

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Hasanul Rizqa
Chairman Board of Trustees Indonesian Diaspora Network – Global (IDN-Global) (2017-2019) Dino Patti Djalal memberikan sambutan dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-5 “The Fifth Congress of Indonesian Diaspora” (CID-5) di The Hall Kota Kasablanka, Sabtu (10/8). Adapun tema yang diangkat tahun ini yakni “Empowering Indonesia’s Human Capital”.
Foto:

Sosialisasi Beasiswa

Berhubungan dengan tujuan utama tersebut, Kongres Diaspora Indonesia pada tahun ini berkolaborasi dengan Indonesia Scholarship Network (ISN), menyelenggarakan Scholarship & Education Expo yang mendatangkan berbagai lembaga pemberi beasiswa, baik dari pemerintah Indonesia, pemerintah luar negeri, pelbagai yayasan bidang pendidikan, maupun perusahaan.

"Harapannya adalah program-program beasiswa seperti Chevening (beasiswa dari negara Inggris), Erasmus Plus (dari Uni Eropa), LPDP (dari pemerintah Indonesia) dan berbagai program beasiswa lainnya agar dapat lebih dikenal dan diakses oleh masyarakat Indonesia serta semakin efektif dalam menyerap SDM yang potensial," tuturnya.

photo
Poster Kongres Diaspora Indonesia Kelima

Selain itu, dalam penyelenggaraannya IDN-Global juga bekerjasama dengan aplikasi

Diaspora Connect. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu wadah pemersatu diaspora Indonesia.

Diaspora Connect juga turut mendukung kerjasama antara IDN-Global dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terkait database diaspora dan Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri  (KMILN), serta rencana penerbitan Diaspora Bonds oleh IDN-Global dengan Kementrian Keuangan.

CID (Congress of Indonesian Diaspora) merupakan acara yang diselenggarakan oleh IDN Global setiap dua tahun sekali. Jaringan komunitas ini berhasil menghubungkan para Diaspora Indonesia, yang juga semakin terhubung dengan Tanah Air. IDN-Global akan selalu menjadi pintu kolaborasi untuk mendukung kemajuan Indonesia dari berbagai sektor. IDN-Global percaya, melalui visi Connecting The Dots and Expanding The Opportunities, Diaspora akan menjadi aset potensial untuk pembangunan Indonesia, khususnya di bidang Sumber Daya Manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement