Senin 22 Jul 2019 22:46 WIB

Pangdam Cenderawasih: Pembangunan Trans Papua Tetap Lanjut

Pembangunan Trans Papua tak berpengaruh dengan teror KKB.

Prajurit Satgas Pembangunan Jalan Trans Papua Denzipur 12/OHH Nabire dan Denzipur 13/PPA Sorong Zeni TNI AD (POP 1) mengoperasikan alat berat di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua (ilustrasi)
Foto: Sigid Kurniawan/Antara
Prajurit Satgas Pembangunan Jalan Trans Papua Denzipur 12/OHH Nabire dan Denzipur 13/PPA Sorong Zeni TNI AD (POP 1) mengoperasikan alat berat di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WAMENA— Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua P Sembiring memastikan pembangunan jalan Trans Papua di Kabupaten Nduga tidak berhenti pascapenembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan menyebabkan Pratu Anumerta Usman Helembo meninggal dunia, Sabtu, (20/7).

Usai memimpin upacara pemakaman yang dilakukan secara militer di Taman Makam Pahlawan Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Senin (22/7), Pangdam mengatakan insiden itu tidak menghambat pembangunan.

Baca Juga

"Saya katakan pembangunan di Papua harus tetap berjalan. Ini biasa insiden kecil dan tidak akan mengganggu semuanya. Ini pengaruhnya sangat kecil sekali," katanya.

Pangdam menyebut Usman Helembo sebagai prajurit pahlawan pembangunan sebab gugur saat melaksanakan tugas negara. "Terkati pengejaran terhadap pelaku, teknik, taktiknya dan strategi tidak perlu kita sampaikan," katanya.

 

Pangdam mengajak kelompok berseberangan pandangan yang mengganggu pembangunan di Papua untuk kembali bersatu menciptakan Papua yang aman. "Pertumpahan darah itu tidak baik. Ini (penembakan) semua adalah perbuatan yang akan ditanggungnya kelak di kemudian hari," katanya.

Dandim 1702/Jayawijaya Lekol Inf Candra Dianto mengharapkan gugurnya Usman tidak menyurutkan semangat prajurit untuk terus membangun Papua.

"Segala yang diperbuat oleh Usman selama ini yang menjadi pahlawan pembangunan bisa diteruskan yang lainnya, yaitu membangun wilayah-wilayah di pegunungan tengah," katanya.

Candra mengatakan kelompok penentang NKRI di Nduga tidak pandang bulu dalam melakukan penembakan. "Putra daerah dari Yahukimo ini pun tidak luput dari incaran mereka dan kami mengecam keras mereka yang menentang dan mengganggu," katanya.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement