Senin 15 Jul 2019 13:28 WIB

Relawan Jokowi Sorongkan Nama Adian Napitupulu Jadi Menteri

Pembantu Jokowi harus punya kemampuan berpikir dan mengambil keputusan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Anggota DPR Fraksi PDIP Adian Napitupulu.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Anggota DPR Fraksi PDIP Adian Napitupulu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan teman jokowi (TJ) ikut menyarankan sejumlah kandidat yang diangggap mampu berkontribusi maksimal dalam kabinet Joko Widodo-Maruf Amin. Nama-nama yang diusulkan itu berasal dari diskusi internal dengan didasarkan pada beberapa pertimbangan.

Ketua Umum Relawan TJ, Andre Opa Sumual mengatakan relawan TJ sudah mengadakan pertemuan internal guna membicarakan beberapa nama tertentu yang dirasa memiliki kapabiltas.

Baca Juga

Pertimbangan itu, kata Andre, didasarkan pada kemampuan berpikir dan bertindak sehingga mampu membantu Jokowi mewujudkan Nawacita Plus menuju Indonesia maju.

"Layak tidaknya seseorang menjadi pembantu Presiden tentu bergantung kepada kemampuan berpikir, bertindak, mengambil keputusan, loyalitas serta riwayat perjuangan tentunya,” kata Andre, Senin (15/7).

Ia menyebut ada dua nama yang menonjol yaitu Adian napitupulu dan Sakti Wahyu Trenggono. Diketahui, Adian Napitupulu adalah tokoh reformasi 98 dan politikus. Adian memulai karir dari parlemen jalanan hingga parlemen sesungguhnya di Senayan.

Adapun Sakti Wahyu Trenggono adalah seorang pengusaha. Sakti sudah mendukung Jokowi sejak 2014. Trenggono dianggap contoh pengusaha sukses yang berhasil membangun usaha bisnisnya dari nol. “Kesamaan keduanya adalah loyalitas dan keringat mereka tak luntur mendukung Jokowi sejak 2014,” ujar dia.

Meski begitu, Andre mengatakan susunan kabinet tetap hak prerogatif presiden. Ia hanya berusaha memberikan saran sebagai organ relawan. "Soal diterima atau tidak itu hak Presiden,” ucapnya. Rizky Surya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement