Sabtu 22 Jun 2019 12:12 WIB

Kota di Cina Jajaki Sister City dengan Surabaya

Kota Chengdu, China meminta Surabaya menjadi sister city

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah)
Foto: Antara/Didik Suhartono
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima kunjungan Delegasi Pemerintah Kota Chengdu, China, yang diwakili Wakil Wali Kota (Wawali) Chengdu Niu Qingbao. Niu beserta jajarannya diterima Risma di ruang kerjanya Jumat, (21/6). Pada pertemuan tersebut, Niu meminta Surabaya menjadi sister city, sehingga dapat bekerja sama di berbagai sektor.

Risma pun menyambut hangat niat baik tersebut. Risma yang juga menjabat presiden United Cities and Local Goverment (UCLG) Asia Pasific (Aspac) ini sangat terbuka dan senang hati menerima tawaran tersebut. Sebab, kedua kota ini sama-sama menjadi ibu kota provinsi dan menjadi salah satu kota yang cukup berpengaruh untuk negaranya.

“Saya sangat senang sekali menerima kunjungan dari Pemerintah Kota Chengdu, sebab segala yang memiliki niat dan tujuan baik ya harus kita dukung. Apalagi, menyangkut kesejahteraan masyarakatnya,” kata Risma.

Selain menjadikan Surabaya sebagai sister city, Niu Qingbao berharap Risma menjadikan Kota Chengdu mendapat hosting event dalam rangkaian acara UCLG. “Sangat berharap sekali, Ibu Risma dapat membantu kami untuk bersinergi dengan UCLG, agar kota kami menjadi tempat belajar bagi anggota-anggota UCLG yang lain,” kata Niu Qingbao.

Niu menjelaskan, kedatangannya ke Kota Pahlawan ini adalah yang pertama kalinya. Sebelumnya, ia sering mendengar perkembangan pesat Kota Surabaya dari media massa dan para rekan-rekannya di Chengdu, China. Dia pun mengaku, Chengdu sudah menyiapkan kerja sama di beberapa bidang dengan Kota Surabaya.

"Di antaranya adalah bidang pendidikan study exchange, bidang ekonomi investasi dan perdagangan. Nanti pelajar yang ada di Surabaya bisa belajar di kota kami, dan masih banyak kerja sama yang sebenarnya ingin kami tawarkan,” ujar Niu.

Selain memiliki kesamaan sebagai ibu kota provinsi, Niu mengaku, Kota Surabaya ini sama seperti dengan Kota Chengdu dalam bidang kesenian, seperti musik. Niu berharap, kedua kota ini mampu menjalin kerja sama dengan baik dan saling belajar satu sama lain.

Selama tiga hari, Niu Qingbao bersama jajarannya singgah di Kota Surabaya. Menurutnya, selama tiga hari itu akan dimanfaatkan untuk menikmati keindahan Kota Surabaya. Beberapa lokasi iconic di Surabaya sudah dikunjungi, seperti Museum Tugu Pahlawan, dan House of Sampoerna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement