Senin 29 Apr 2019 18:58 WIB

Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

Hujan lebat berpeluang terjadi di NTB, Kalteng, Kaltara, Kaltim, Sultra dan Papua.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andi Nur Aminah
Cuaca buruk (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Cuaca buruk (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan terdapat beberapa daerah yang akan diterpa cuaca ekstrem disertai hujan lebat pada Senin (29/4) dan Selasa (30/4) esok hari. Menurut Pengamatan BMKG, terjadi intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) yang melintasi wilayah Laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik Timur Filipina.

Intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTT. Kondisi tersebut menyebabkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewatinya namun meningkatkan potensi hujan di depan muka intrusi karena kondisi massa udara lembab/basah.

Baca Juga

Sementara itu, terdapat sirkulasi siklonik di Utara Jawa Barat (level 925/850), Kalimantan Tengah bagian selatan (level 925/850), dan Maluku Utara (level 925/850) dan belokan angin terdapat di Bengkulu, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara. BMKG juga merilis wilayah yang berpotensi hujan lebat Senin (29/4) di antaranya Sumatra Selatan, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Sedangkan untuk esok hari (30/4), hujan lebat berpeluang terjadi di Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Papua. Sedangkan untuk wilayah Indonesia lain yang juga berpeluang terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (29/4) diantaranya adalah Aceh, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku.

Untuk esok Selasa (30/4) wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang meluas ke beberapa wilayah seperti Aceh, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku. Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap cuaca ekstrem yang melanda di daerah-daerah tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement