Jumat 19 Apr 2019 23:22 WIB

Pemkot Padang Kirimkan Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda

Bantuan ini diharapkan meringankan beban warga terdampak tsunami.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Walikota Padang, Mahyeldi Ansarullah.
Foto: Antara/Maril Gafur
Walikota Padang, Mahyeldi Ansarullah.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Warga beserta Aparatur Sipil Negara (ASN) Padang menyerahkan bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Selat Sunda yang terjadi akhir 2018 lalu. Bantuan berupa uang yang telah dihimpun melalui Dinas Sosial dan Baznas Kota Padang itu dalam beberapa bulan terakhir akan disalurkan Pemerintah Kota Padang melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar.

"Alhamdulillah atas nama pemerintah Kota Padang kami harap bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena tsunami Selat Sunda," kata Mahyeldi, melalui keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Jumat (19/4).

Baca Juga

Gempa bumi disusul tsunami secara mendadak terjadi di Selat Sunda pada 22 Desember tahun lalu. Penyebabnya adalah letusan Anak Krakatau di Selat Sunda menghantam daerah pesisir Banten dan Lampung.  Bencana alam tersebut menewaskan 426 orag dan 7.202 korban luka serta 23 orang hilang.

Kepala ACT (Aksi Cepat Tanggap) Sumbar Zeng Wellf mengatakan data yang mereka dapatkan terdapat 15 warga Minang di Lampung dan Banten yang hancur. Ke 15 kepala keluarga ini menurut Zeng memang sangat butuh bantuan supaya bisa mendirikan pemukiman lagi buat keluarganya.

"Warga asal Minangkabau yang terkena bencana gempa dan tsunami Selat Sunda cukup banyak. Semoga bantuan yang akan kita berikan ini dapat disalurkan secepatnya," ujar Zeng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement