Selasa 16 Apr 2019 15:54 WIB

Kronologi Rusaknya Kotak Suara di Boyolali Akibat Hujan

KPU Boyolali telah mengganti kotak suara yang rusak.

Kotak suara rusak (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Kotak suara rusak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Boyolali sudah mengganti kotak suara yang rusak akibat terkena hujan badai saat pendistribusian ketiga desa di Kecamatan Banyudono.

Ketua KBU Boyolali Ali Fahrudin, di Boyolali, Selasa (16/4), mengatakan, saat logistik dinaikkan ke dalam truk kondisi cuaca masih cerah. Akan tetapi, ketika tengah perjalanan dengan ditutup terpal terjadi hujan dan badai.

Baca Juga

Kejadian itu, juga banyak pohon yang tumbang di jalan, dan air hujan bisa masuk ke dalam terpal hingga membasahi kotak suara. KPU pun merespons dengan cepat dengan menggantik kotak suara dan beberapa formulir yang rusak. Pada hari ini, sekitar pukul 06.00 WIB semua penggantian sudah selesai.

"Kami mendapat laporan kotak suara yang rusak sebanyak 130 kotak. Kami langsung meluncur ketiga desa itu, semua logistik yang rusak kita tarik ke KPU Boyolali, dan dilakukan penggantian dengan yang baru," kata Ali.

Pihaknya segera melaporkan kejadian khusus itu, ke KPU RI melalui Provinsi, sehingga hal tersebut, menjadi pembelajaran bersama.

Menurut Iksan Ahmadi salah satu anggota panitia pemungutan suara (PPS) Desa Trayu sebanyak 40 kotak suara yang datang diangkut dengan truk langsung diturunkan dari kendaraan, dan bagian bawah kotak suara mengalami rusak karena basah terkena air.

Menurut Iksan atas kejadian tersebut langsung dilaporkan ke KPU Boyolali dan langsung ditindaklanjuti untuk diganti yang baru. Logistik Pemilu di desa persiapan kini sudah aman siap melaksanakan pemungutan suara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement