Senin 15 Apr 2019 20:45 WIB

KPU Sumbar tidak Tahu Surat Suara Tercecer di Kampar

Karung surat suara tercecer tersebut bertuliskan Kabupaten Tanah Datar.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi petugas logistik menata tumpukan kotak berisikan kertas surat suara.
Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Ilustrasi petugas logistik menata tumpukan kotak berisikan kertas surat suara.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat Amnasmen tidak bisa menjelaskan mengenai adanya temuan satu  karung surat suara bertuliskan Kabupaten Tanah Datar yang tercecer di Kabupaten Kampar, Riau. Surat suara dalam karung besar tersebut ditemukan warga di bawah Jembatan Salo, Kampar.

Surat suara yang ada di dalam karung tersebut merupakan kertas pemilihan buat calon legislatif DPR RI Dapil 1 Sumbar dan calon DPD RI dapil Sumbar. “Kita mendapat informasi kalau surat suara Kabupaten Tanah Datar sudah cukup dan lengkap. Jadi yang di Kampar itu kami kurang tahu,” kata Amnasmen, di Kantor KPUSumbar, Senin (15/4).

Baca Juga

Amnasmen mengatakan pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan KPU Pusat  mengenai hal ini. KPU Sumbar kata dia memang meminta pasokan tambahan kertas surat suara. Tapi bukan buat DPD RI.

“Kalau surat DPD buat kami tidak ada yang kurang,” ujar Amnasmen.

Informasi mengenai satu karung besar surat suara bertuliskan Tanah Datar tersebut sudah beredar di dunia maya sejak kemarin, Ahad (14/4). Surat suara tersebut sejak kemarin sudah di angkat dari bawah jembatan Salo secara gotong royong oleh masyarakat.

Surat suara itu sampai sekarang diamankan sementara di Kantor Bawaslu Kabupaten Kampar. Bawaslu Kampar juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian setempat. Belum diketahui siapa yang menemukan surat suara tersebut pertama kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement