Sabtu 06 Apr 2019 12:58 WIB

NYIA Siap Layani Penerbangan Internasional Akhir April

Saat ini pengerjaan proyek dan kesiapan layanan internasional mencapai 95 persen.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Gita Amanda
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di lahan pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (27/1).
Foto: Nico Kurnia Jati
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di lahan pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (27/1).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Juru Bicara Proyek Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA), Agus Pandu Purnama, mengatakan pengoperasian penerbangan internasional akan dimulai akhir April 2019. Saat ini pengerjaan proyek dan kesiapan untuk layanan internasional telah mencapai 95 persen.

Saat ini masih dilakukan proses verifikasi oleh Kementerian Perhubungan. Hal ini dilakukan guna menentukan layak atau tidaknya NYIA untuk dioperasionalkannya penerbangan internasional pada akhir April ini.

Baca Juga

"Tanggal 4 sampai 6 ini kita sedang verifikasi oleh Direktorat Bandar Udara kemudian Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktorat Navigasi," kata Pandu yang juga General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta kepada Republika.co.id, Jumat (5/4) malam.

Ia menjelaskan, proses verifikasi meliputi seluruh fasilitas dan perlengkapan operasional, baik itu di sisi darat maupun sisi udara. Seperti landasan, terminal, termasuk kargo sebagai pendukung operasional penerbangan internasional nanti.

"(Verifikasi) termasuk seluruh peralatan keamanan seperti x-ray, CCTV, perlistrikan dan sebagainya diverifikasi," ujarnya.

Saat dimulainya operasional di akhir April ini, akan ada enam penerbangan yang dioperasikan. Penerbangan tersebut di antaranya dua penerbangan dari dan menuju Singapura dan empat penerbangan dari dan menuju Malaysia.

Maskapai penerbangan yang akan dioperasikan yakni AirAsia dan SilkAir. Sebelum seluruh penerbangan ini doperasionalkan, akan dilakukan uji coba landing pesawat pada 26 April.

"Enam penerbangan ini sebenarnya memindahkan existing dari (Bandara) Adisutcipto pindah ke bandara baru (NYIA)," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement