Jumat 29 Mar 2019 09:06 WIB

Safari ke Mamuju, Jokowi Janji Kebut Pembangunan Jalan

Jokowi janji akan mengebut pembangunan jalan Mamuju jika kembali terpilih.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah
Capres 01 Jokowi dan Iriana Jokowi berkampanye di Lapangan Bola Makirang, Mamuju, Kamis (28/3).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Capres 01 Jokowi dan Iriana Jokowi berkampanye di Lapangan Bola Makirang, Mamuju, Kamis (28/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) mengaku memiliki program besar bagi warga di Mamuju, Sulawesi Barat. Program itu akan dijalankan di periode kedua pemerintahan.

Jokowi mengatakan, jika terpilih kembali, pemerintahannya akan mengerjakan dan melanjutkan sejumlah pembangunan infrastruktur. Terutamanya, pengembangan jalan yang akan menghubungkan segala akses di Sulawesi Barat.

Baca Juga

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat melakukan safari Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (28/3). Kampanye itu juga dihadiri oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir dan Tim Kampanye Daerah (TKD) Sulbar H Ibnu Munzir.

Proyek pengembangan jalan yang dimaksud Jokowi nanti akan menghubungkan antara Mamuju, Mamasa, Tabang hingga Toraja. Keberadaan akses itu juga akan mempersingkat perjalanan.

"Saya tadi dapat bisikan kalau jalan Mamuju-Mamasa-Tabang- Toraja masih kurang 50 kilometer lagi. Saya sampaikan sore ini segera saya selesaikan," kata Jokowi seperti keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (29/3).

Jokowi juga menyinggung proyek infrastruktur jalan dari Polewali hingga Mamasa. Dia mengatakan, pembangunan jalan Polewali sampai Mamasa yang masih kurang 30 kilometer lagi juga akan diselesaikan pemerintah.

Mantan wali kota Solo ini melanjutkan, jalan yang menghubungkan sejumlah akses vital di Sulawesi Barat, seperti dari bandara menuju kota atau pelabuhan juga akan dituntaskan secara cepat. Saat ini jalan arteri Kota Mamuju menuju bandara dan pelabuhan laut masih kurang 30 kilometer.

Jokowi optimistis segala proyek itu akan rampung dalam hitungan setahun kedepan. Setelah itu dia yakin infrastrutur itu akan semakin mengangkat potensi perekonomian Sulawesi Barat.  "Dua proyek jalan tadi kita akan cepat kerjakan, pada tahun 2020 sudah rampung," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement