Ahad 17 Mar 2019 07:46 WIB

Paku Buwana XII Dianugerahi Penghargaan UNS Award

Paku Buwana XII dianggap berjasa dalam bidang pendidikan dan budaya Jawa

Rep: Binti Sholikah/ Red: Christiyaningsih
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Ravik Karsidi, menyerahkan penghargaan UNS Award
Foto: Humas UNS
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Ravik Karsidi, menyerahkan penghargaan UNS Award

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Mendiang Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan (SISKS) Paku Buwana (PB) XII, dianugerahi penghargaan UNS Award "Parasamya Anugraha Dharmakrida Widyatama Budaya". Penghargaan diserah oleh Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Ravik Karsidi kepada putra-putri Sinuhun PB XII pada Jumat (15/3).

Penyerahan penghargaan berlangsung dalam acara "Mangayubagya Anugerah UNS Award kepada Almarhum SISKS Pakubuwana XII" di Gedung dr Prakosa Rektorat UNS. Ravik Karsidi menyatakan dasar pertimbangan pemberian penghargaan tersebut. Menurutnya PB XII dianggap telah memberikan jasa yang luar biasa dalam bidang pendidikan dan kebudayaan khususnya budaya Jawa.

Sinuhun PB XII juga dianggap telah berjasa terhadap UNS. Dia sangat perhatian pada pendirian UNS di Solo. Dulunya, UNS diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 11 Maret 1976 di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di mana pada saat itu PB XII menjabat sebagai Raja.

"Beliau adalah sosok yang luar biasa dalam bidang pendidikan utamanya pendidikan di UNS, dan mendorong pengembangan kebudayaan Jawa," terang Ravik seperti tertulis dalam siaran pers, Sabtu (16/3).

Mewakili putra-putri PB XII yang hadir malam itu, Kangjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger menyatakan sangat berterima kasih atas perhatian yang luar biasa dari UNS kepada PB XII. Dia berharap hal itu bisa menjadi teladan bersama, khususnya dalam hal pengembangan pendidikan dan kebudayaan Jawa.

"Mudah-mudahan dengan penghargaan ini kita semua tidak melupakan sejarah apa yang sudah pernah dilakukan pendahulu kita, khususnya Sawarga Sinuhun Paku Buwana XII, dan selalu ingat jati diri kita sebagai wong Jawa. Di mana di dalam budaya Jawa, terdapat nilai-nilai luhur yang agung bagi siapapun," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement