Selasa 19 Feb 2019 10:05 WIB

Gempa 5,9 SR Mengguncang Malang tidak Ada Korban Jiwa

Gempa pada pukul 02.30 WIB tersebut tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.

Ilustrasi Gempa
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Gempa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa berkekuatan 5,9 sskala Richter (SR) mengguncang kabupaten Malang, Jawa Timur pada Selasa (19/2). Tak ada laporan korban jiwa atas peristiwa bencana tersebut.

Baca Juga

Gempa dengan kekuatan 5,9 SR yang berpusat di 159 kilometer (km) tenggara Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur pada Selasa dini hari. Gempa pada pukul 02.30 WIB tersebut tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak akibat kejadian gempa tersebut, tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers pada Selasa.

Saat terjadi gempa bumi, jelas Sutopo, masyarakat sigap merespons dengan keluar rumah saat merasakan guncangan gempa. Kini, masyarakat sudah beraktivitas normal seperti biasa.

Kendati demikian, lanjutnya, BPBD masih melakukan pendataan di lapangan dan berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan. Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap selalu waspada. Serta jangan percaya pada isu-isu menyesatkan karena hingga saat ini belum ada negara dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti kapan, di mana, kekuatannya, lokasi detil dan lainnya.

"Kita tinggal di negara yang rawan gempa sudah sepantasnya selalu meningkatkan kewaspadaan menghadapi gempa," ungkapnya.

Berikut ini tambah Sutopo, beberapa daerah yang turut merasakan guncangan gempa, antara lain:

- Gempa dirasakan sedang selama ±3 - 4 detik di Kabupaten Malang.

- Gempa dirasakan kuat selama ±4 - 5 detik di Kota Malang.

- Gempa dirasakan kuat selama ± 5 detik di Kabupaten Lumajang.

- Gempa dirasakan sedang selama ±3 - 4 detik di Kabupaten Blitar.

- Gempa dirasakan sedang selama ±3 - 4 detik di Kota Batu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement