Kamis 31 Jan 2019 20:15 WIB

KA Joglosemarkerto Berganti Nama Lagi Jadi KA Kamandaka

Pergantian nama dilakukan karena nama KA Kamandaka sudah sangat melekat di masyarakat

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Gerbong kereta api (KA) Kamandaka rute Semarang-Purwokerto
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Gerbong kereta api (KA) Kamandaka rute Semarang-Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Nama KA Kamandaka yang melayani rute Purwokerto-Semarang akan muncul lagi dalam situs pemesanan KA resmi PT KAI. Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto menyebutkan, nama KA Kamandaka dalam situs reservasi tiket itu tercantum mulai 1 Fabruari 2019.

Namun dia menyebutkan, munculnya nama KA Kamandaka tersebut bukan berarti pihak PT KA Daop 5 mengoperasikan rangkaian KA baru. ''Itu hanya proses pergantian nama KA yang sudah beroperasi. Rangkaian KA Joglosemarkerto saat melayani relasi Purwokerto-Tegal-Semarang dan sebaliknya, kita ganti menjadi KA Kamandaka,'' jelasnya, Kamis (31/1).

Supriyanto menyebutkan, pergantian nama ini dilakukan mengingat nama KA Kamandaka sudah sangat melekat di masyarakat yang sebelumnya banyak menggunakan jasa angkutan KA tersebut. ''Setelah KA Kamandaka kita ganti menjadi KA Joglosemarkerto, banyak masyarakat yang menanyakan apakah KA Kamandaka sudah tidak beroperasi. Padahal, tetap beroperasi hanya diganti nama menjadi KA Joglosemarkerto,'' jelasnya.

Mengingat hal itulah, manajemen PT KAI Daop 5 Purwokerto, memutuskan untuk mengembalikan nama KA Kamandaka. ''Jadi sebenarnya KA Kamandaka itu ya KA Joglosemarkerto. Hanya saat melayani relasi Purwokerto-Tegal-Semarang, kita ganti menjadi KA Kamandaka,'' jelasnya.

Sejak 1 Desember 2018 lalu,  PT KAI telah mengintegrasikan KA Joglokerto dan KA Kamandaka dalam satu relasi perjalanan KA. KA Joglokerto semula hanya melayani rute Solo-Yogyakarta-Purwokerto PP, dan KA Kamandaka semula hanya melayani Purwokerto-Tegal-Semarang PP.

Melalui pengintegrasian kedua KA tersebut, rute perjalanan KA diperpanjang menjadi memutar sebagian wilayah Jateng. Mulai dari Solo-Purwokerto-Tegal- Semarang dan kembali ke Solo. Ada juga KA yang memutar dengan arah berlawanan, yakni dari Solo-Semarang-Tegal-Purwokerto-Yogyakarta dan kembali ke Solo.

''Dengan perubahan nama KA menjadi KA Kamandaka, tidak ada perubahan jadwal perjalanan KA. Semuanya tetap sama, hanya namanya saja yang berubah. Nama KA Joglosemarkerto juga tetap ada di situs reservasi, saat KA tersebut melayani rute di luar relasi Purwokerto-Tegal-Semarang,'' jelasnya.

Demikian juga dengan tarif KA dan stasiun-stasiun pemberhentian, menurut Supriyanto, tidak ada perubahan. ''Perubahanan nama KA Joglosemarkerto menjadi KA Kamandaka ini, semata-mata untuk lebih memudahkan masyarakat yang hendak menggunakan KA relasi Purwokerto-Semarang,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement