Jumat 23 May 2014 00:07 WIB

Waktu Tempuh KA Kamandaka Akan Lebih Cepat

Petugas membersihkan gerbong kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Petugas membersihkan gerbong kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia mempercepat waktu tempuh KA Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang mulai 1 Juni 2014.

"Dengan adanya jadwal perjalanan baru yang berlaku mulai 1 Juni, waktu tempuh KA Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang akan lebih cepat 35 menit dibandingkan waktu tempuh saat ini," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono, di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis.

Menurut dia, percepatan waktu tempuh tersebut bisa dilakukan karena lintas Tegal-Semarang sudah menggunakan jalur ganda (double track) penuh seiring pengoperasian jalur ganda ruas Pekalongan-Semarang pada triwulan I tahun 2014.

Dalam jadwal perjalanan yang berlaku saat ini, jarak Purwokerto-Semarang Tawang sepanjang 256 kilometer ditempuh KA Kamandaka dalam waktu lima jam. "Dalam jadwal baru, jarak tersebut akan ditempuh hanya dalam waktu empat jam 25 menit," katanya.

Berdasarkan jadwal baru, KA Kamandaka akan diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 05.00 WIB seperti saat KA tersebut baru dioperasikan.

"Saat ini, KA Kamandaka berangkat dari Stasiun Purwokerto pukul 05.10 WIB, nantinya akan diberangkatkan pukul 05.00 WIB seperti pada awal pengoperasian," kata dia menjelaskan.

Selanjutnya, kata dia, KA Kamandaka akan tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 09.25 WIB.

Sementara untuk keberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang menuju Stasiun Purwokerto, lanjut dia, tidak mengalami perubahan atau tetap pada pukul 16.15 WIB.

"Namun dalam jadwal baru nanti, KA Kamandaka akan tiba di Stasiun Purwokerto pukul 20.39 WIB atau lebih awal 11 menit dibandingkan jadwal saat ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement