Kamis 31 Jan 2019 00:10 WIB

Polisi Gandeng PPATK untuk Telusuri Isu Sogokan Rp 10 Miliar

Dorfin adalah tahanan asal Prancis yang kabur dari penjara di NTB.

Tersangka penyelundupan narkotik Dorfin dihadirkan saat rilis Mapolda NTB di Mataram, Senin (1/10).
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Tersangka penyelundupan narkotik Dorfin dihadirkan saat rilis Mapolda NTB di Mataram, Senin (1/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri informasi aliran uang sogokan senilai Rp10 miliar dari tersangka penyelundup narkoba asal Prancis, Dorfin Felix (35) ke anggota bagian tahanan. Sebelumnya Dorfin berhasil kabur dari penjara NTB.

"Kami coba dalami dengan perbankan, dan kita sudah enquiring PPATK dan Bank Indonesia, kita sudah minta untuk memblokir rekening milik Dorfin itu," kata Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda NTB Kombes Agus Salim, di Mataram, Rabu (30/1).

Terkait dengan permintaan tersebut, Agus Salim menjelaskan bahwa PPATK dan Bank Indonesia saat ini sedang menelusuri aliran dana dari rekening Dorfin.  "Berapa banyak dia punya rekening, kemudian ada tidak angka-angka itu (Rp10 miliar), itu yang kita minta," ujarnya.

Lebih lanjut, persoalan terkait penelusuran uang sogokan tersebut telah ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda NTB. Dalam penanganan kasus ini, muncul peran seorang anggota berpangkat komisaris polisi berinisial TU alias TM yang diduga menerima uang sogokan tersebut.

Baca juga, Dorfin Kabur, Propam Cek Info Penjaga Disogok Rp 10 Miliar.

Bahkan anggota yang diketahui bertugas di Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dittahti) Polda NTB tersebut, telah disangkakan pidana gratifikasi. Selain sangkaan pidana gratifikasi, Polda NTB juga telah menyatakan TM melanggar Kode Etik Profesi Polri karena terbukti memberikan fasilitas bagi Dorfin selama berada dalam rutan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement