Ahad 09 Dec 2018 15:56 WIB

Ketua RW: KTP-el yang Dibuang di Duren Sawit Capai Ribuan

Ketua RW mengatakan ada KTP-el yang masih berlaku.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Bayu Hermawan
Ilustrasi KTP elektronik (e-KTP)
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi KTP elektronik (e-KTP)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Ketua RW 11 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Ipit Purwanto, mengatakan jumlah KTP-el yang diduga dibuang di wilayahnya jumlahnya mencapai ribuan keping. Alamat yang tertera di ribuan KTP-el itu pun seluruhnya tercatat di Pondok Kelapa.

Ipit yang pertama kali mengamankan temuan itu sudah menghitung seluruh jumlah KTP-el yang ada. Dari seluruh temuan yang ada, jumlahnya mencapai 2.158 keping KTP-el.  "Semua KTP-el sudah kami lihat. Semuanya untuk Kelurahan Pondok Kelapa. (Alamatnya) dari semua RT dan RW yang ada di Pondok Kelapa," ujar Ipit ketika dihubungi Republika, Ahad (9/12).

Dia pun meneliti masa berlaku dari KTP-el itu. Dari situ tercatat ada yang berlaku hingga 2016, 2017, 2018, 2019 dan ada yang berlaku seumur hidup.  "Kalau tidak salah berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri, KTP-el itu kan sekarang berlaku seumur hidup. Maka semuanya itu diduga masih berlaku. Seluruh KTP-el yang ditemukan juga masih utuh, tidak ada yang digunting ujungnya," jelasnya.

Selain itu, Ipit juga memastikan bahwa fisik seluruh KTP-el masih dalam kondisi baik. Namun, untuk kesalahan cetak atau dugaan kerusakan lain, dia belum bisa memastikan.

Menurut Ipit, hingga Ahad siang, pihaknya belum menerima informasi dari warga yang kehilangan KTP-el nya. Seluruh KTP-el yang ditemukan pada Sabtu (8/12) siang itu pun telah diserahkan kepada Polsek Duren Sawit.

Ipit sendiri menyatakan telah menjalani pemeriksaan di Polsek Duren Sawit pada Sabtu petang. "Saya sudah memberikan keterangan pukul 17.00 WIB-18.00 WIB kemarin. Semua sudah saya serahkan kepada kepolisian. Untuk pihak lain yang berkaitan dengan penelusuran kasus ini saya kira akan langsung ke kepolisian saja," tambahnya.

Sebelumnya, pada Sabtu, warga dikejutkan dengan temuan karung berisi ribuan KTP-el di area persawahan di Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta Timur. Hingga berita ini ditulis, Kepala Dinas Dukcapil Jakarta Timur, belum bisa dimintai keterangan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement