Senin 03 Dec 2018 16:31 WIB

Lombok Barat Juara Pertama Lomba Pemeliharaan Daerah Irigasi

Dinas PUPR Lobar terus mengoptimalkan perbaikan masalah irigasi.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Gita Amanda
Irigasi pertanian, ilustrasi
Irigasi pertanian, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK BARAT -- Kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Erat Bambang, Desa Beleka, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang berada di bawah binaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Barat (Lobar) berhasil meraih juara pertama dalam lomba operasi dan pemeliharaan daerah irigasi P3A tingkat nasional. 

Kepala Dinas PUPR Lobar I Made Arthadana mengatakan, penilaian lomba dilakukan pada Juli lalu. Dia mengapresiasi pencapaian apik yang ditorehkan Kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Erat Bambang.

"Pemberian penghargaan akan dilakukan sekitar 5 atau 6 Desember mendatang oleh Kementerian PUPR," ujar Arthadana usai apel peringatan hari bhakti PU ke-73, Senin (3/12).

Arthadana menyampaikan, Dinas PUPR Lobar terus berbenah di segala bidang, termasuk mengoptimalkan penggunaan air melalui perbaikan masalah irigasi dan pola pengaturan. Yakni menambah jaringan irigasi yang terkoneksi dengan berbagai irigasi lain dan bisa digunakan secara optimal. Ia mencatat, terdapat sekitar 25 irigasi yang meliputi luas sawah irigasi sekitar 12 ribu hektare dengan total area sekitar 15 ribu hektare.

"Dari 25 irigasi, dua irigasi merupakan kewenangan pusat dengan luas tiga ribu hektare. Tiga irigasi menjadi kewenangan provinsi dan 20 ribu, sisanya merupakan kewenangan kabupaten," lanjut Arthadana.

Bupati Lobar Fauzan Khalid yang hadir dalam apel tersebut berharap Dinas PUPR Lobar dapat lebih optimal melaksanakan percepatan di segala bidang. Baik dalam bidang infrastruktur maupun bidang Sumber Daya Air.

"Dinas PUPR Lobar ke depannya harus lebih mengkomunikasikan kebutuhan masyarakat dari tingkat dusun ke tingkat daerah, provinsi maupun tingkat pusat," ujar Fauzan.

Sebagai intansi yang memiliki peran penting dalam pembangunan, Fauzan, mengingatkan Dinas PUPR Lobar agar membangun sinergitas dengan instansi lain.

"Dinas PUPR harus terus bekerja sama dalam bekerja, baik dengan tim maupun dinas terkait dan tak lupa untuk terus menjaga kebersamaan dan menjaga rasa gotong royong untuk kemajuan bersama," kata Fauzan menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement