REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Media Survei Nasional (Median) telah merilis hasil survei terbaru terkait pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Salah satu kategori yang disasar adalah pengguna media sosial, mulai dari pengguna Facebook, Twitter, hingga Instagram.
Hasilnya, pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul atas lawannya Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin di kalangan pengguna media sosial. Di pengguna Facebook, Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapatkan 42,4 persen, Prabowo-Sandiaga 42,9 persen.
Di pengguna Twitter, Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 29,5 persen dan Prabowo-Sandiaga unggul dengan 59,2 persen. “Terakhir di pengguna Instagram Joko Widodo-Ma'ruf Amin 39.1 persen, dan Prabowo-Sandiaga kembali unggul dengan 48.9 persen," kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, di Cikini Jakarta Pusat, Selasa (27/11).
Sementara untuk elektabilitas per teritori pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di Pulau Jawa dengan 48,7 persen dan Prabowo-Sandiaga 32,7 persen, dan belum memutuskan 18,6 persen. Rico menambahkan, di luar Pulau Jawa Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 46,6 persen, Prabowo-Sandiaga 39,6 persen, belum memutuskan 13,8 persen.
"Sedangkan di perdesaan Joko Widodo-Ma'ruf Amin juga unggul dengan 47,8 persen, Prabowo-Sandiaga 33,2 persen, belum memutuskan 19 persen. Di perkotaan, Joko Widodo-Ma'ruf 47,9 persen, Prabowo-Sandiaga Amin 38,7 persen, belum memutuskan 13,4 persen," tambahnya.
Lanjut Rico, survei ini melibatkan sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Kemudian responden dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi di tiap provinsi dan gender.