Kamis 15 Nov 2018 05:34 WIB

Mahasiswa UBSI Purwokerto Juara Harapan PKM IX

Lomba tersebut diikuti 200 tim mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Mahasiswa UBSI Purwokerto meraih prestasi pada lomba  Penulisan Karya Masyarakat (PKM) 2018.
Foto: Dok UBSI
Mahasiswa UBSI Purwokerto meraih prestasi pada lomba Penulisan Karya Masyarakat (PKM) 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Purwokerto, melalui tim Gemilang, berhasil meraih juara harapan I pada perlombaan Penulisan Karya Masyarakat (PKM)  IX. Kegiatan tersebut digelar  di Hotel Megaland Solo, Jawa Tengah,   Ahad (11/11).

Siaran pers UBSI yang diterima Republika.co.id, Rabu (14/11) menyebutkan, lomba yang diadakan oleh Keluarga Alumni Unsoed  Wilayah Solo Raya ini, bertujuan untuk menggali ide-ide dari masyarakat melalui tulisan yang diharapkan  akan membuat perubahan lebih baik untuk masyarakat. Diikuti sekitar 200 tim dari seluruh Indonesia, lomba PKM ini bertemakan “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia Berbasis Potensi Bangsa”.

Tim Gemilang mengambil subtema penulisan tentang teknologi dan rekayasa. Tema ini mereka pilih karena sesuai dengan jurusan  yang mereka ambil di kampus, yakni Fakultas Teknologi Komputer, Program Studi Sistem Informasi.

“Alhamdulillah, kami sangat senang bisa mendapatkan juara harapan I. Sungguh tidak menyangka, dari 200 peserta disaring menjadi 100, lalu 50 dan kami empat terbaik di antaranya. Dalam lomba ini kami mengambil subtema penulisan tentang teknologi dan rekayasa,” ujar Achmad Fajar Sidik, selaku ketua Tim Gemilang.

Menurutnya, di era disrupsi  4.0 ini, generasi milenial harus diikutsertakan pada pembangunan masyarakat dan harus mampu bersaing serta bisa mengembangkan kebisaan dari sisi teknologi. Selain itu,  Fajar mengaku bangga bisa berkontribusi untuk kampus di ajang nasional dengan mengangkat nama almamater kampusnya.

Judul yang mereka ambil yakni Gemilang (Gerakan Milenial dalam Pembangunan), sekaligus dipakai sebagai nama tim mereka. Isinya tentang pemberdayaan generasi muda (milenial) yang seharusnya dilibatkan dalam pelaksanaan pembangunan di wilayah pedesaan.

Dengan kemenangan  itu, Tim Gemilang berhak mendapatkan Trophy The Honorable Mention Award, uang tunai dan sertifikat. “Kami senang hasil ini bisa mengobati rasa lelah yang selama ini kami lakukan. Kami bangga bisa mengangkat nama kampus kami, tetapi kami belum puas dan ke depan semoga lebih baik lagi,” tambahnya.

Di antara  subtema penulisan yang ditentukan penyelenggara meliputi, Agrokompleks, Teknologi dan Rekayasa, Kodeokteran, Kesehatan, Farmasi dan Lingkungan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Hukum dan Kebijakan publik, Ilmu Sosial dan Politik, Ilmu Budaya dan Seni, Keguruan dan Ilmu pendidikan, Ekonomi dan Bisnis dan Ilmu Humaniora.

Kordinator Bidang Kemahasiswa UBSI Purwokerto Nuzul Imam menyambut baik dan mengapresiasi  prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa UBSI Purwokerto. “Alhamdulillah, pihak kampus sangat senang  atas prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa UBSI Purwokerto ini. Prestasi ini membuktikan bahwa mahasiswa UBSI Purwokerto, sejajar dan memiliki kemampuan yang sama dengan mereka yang berasal dari kampus-kampus yang diunggulkan,” kata Nuzul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement