Jumat 05 Oct 2018 00:14 WIB

Kronologi Penangkapan Ratna Sarumpaet di Perut Pesawat

.

Rep: Rahma Sulistya/Arif Satrio Nugroho/ Red: Didi Purwadi
Aktivis Ratna Sarumpaet (tengah) tiba di Mapolda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (4/10). Pelaku penyebaran berita bohong atau hoax itu ditangkap oleh pihak kepolisian di Bandara Soekarno Hatta saat akan pergi keluar negeri.
Foto: Antara
Aktivis Ratna Sarumpaet (tengah) tiba di Mapolda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (4/10). Pelaku penyebaran berita bohong atau hoax itu ditangkap oleh pihak kepolisian di Bandara Soekarno Hatta saat akan pergi keluar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Aktivis perempuan, Ratna Sarumpaet, ditangkap pihak kepolisian di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (4/10) malam. Ia ditangkap saat akan terbang menuju Santiago, Cile, untuk mengikuti acara 'Women Playwrights International Conference 2018'.

Berikut kronologi penangkapan Ratna Sarumpaet pada Kamis (4/10) malam:

• Ratna Sarumpaet berada di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (4/10) malam. Ia dijadwalkan akan terbang menuju Cile dengan menggunakan pesawat Turkey Airlines pada pukul 21.00 WIB.

• Polres Bandara Soetta mendapat instruksi dari Polda Metro Jaya untuk melakukan pencegahan terhadap Ratna Sarumpaet. Kapolres Bandara Soetta, AKBP Viktor Togi Tambunan, mengatakan pihaknya di Bandara menerima pencegahan untuk Ratna Sarumpaet. Pencegahan itu agar Ratna tidak bisa ke luar negeri.

''Ke Cile. Jadi, karena kami dapat info (Ratna Sarumpaet ) akan berangkat (Kamis) malam ini, sehingga kami cegah,'' kata Viktor.

• Ratna Sarumpaet ditangkap atau dicegah sekitar 30 menit sebelum pesawat tinggal landas. Viktor Togi Tambunan mengatakan pencegahan dilakukan pada sekitar pukul 20.30 WIB. ''Benar (dicegah). Sudah check-in. Berangkatnya harusnya jam 21.00 WIB ke Cile,'' kata Viktor saat dikonfirmasi Republika.co.id, Kamis (4/10).

• Ratna Sarumpaet sudah berada di lambung pesawat ketika ditangkap oleh aparat keamanan. ‘’Saya sudah masuk pesawat. Pesawat sudah siap jalan. Tapi, tiba-tiba para awak imigrasi datang lalu minta saya turun dulu,’’ kata Ratna Sarumpaet dalam wawancara eksklusif dengan TV One yang disiarkan live pada Kamis malam. ''Katanya perintah dari kepolisian, perintah dari atasan, saya tidak boleh pergi meninggalkan Indonesia.''

• Menurut keterangan Ratna Sarumpaet dalam wawancara eksklusif tersebut, petugas Polda Metro datang dengan sudah membawa surat penangkapan dengan statusnya sudah menjadi tersangka.

''Menurut saya, ini aneh karena baru tadi (Kamis) siang ketika masih di rumah saya mendapat surat panggilan,'' kata Ratna Sarumpaet. ''Sekarang (Kamis malam) saya jadi tersangka, mereka mau tahan saya sekarang juga.''

• Ratna Sarumpaet dibawa ke ruang tunggu imigrasi. Di ruang tersebut, Ratna Sarumpaet mengaku hanya ditanya pertanyaan standar. ''Cuma nanya hal-hal standar. Ini dalam rangka apa (kepergian ke luar negeri). Ya, saya jawab ini pekerjaan kebudayaan. Mengikuti konferensi 'Women Playwrights International',''

Ratna Sarumpaet dibawa ke Mapolda Metro Jaya dan tiba di sana pada pukul 22.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement