Jumat 21 Sep 2018 17:15 WIB

Depok akan Kembangkan Wisata Sungai Pesanggrahan

Sungai Pesanggrahan akan dijadikan wisata alam berbasis pelestarian lingkungan.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Normalisasi Sungai Pesanggrahan
Foto: Republika/Rachmawati
Normalisasi Sungai Pesanggrahan

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pemuda, Olah raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyambut baik sejumlah usulan pada setiap wilayah yang ingin memajukan potensi wisata. Salah satunya mengembangkan destinasi wisata Sungai Pesanggrahan.

"Kami menyambut baik usulan Kecamatan Limo yang berencana akan mengembangkan satu destinasi wisata air Sungai Pesanggrahan," kata Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan Disporyata Kota Depok, Yelis Rosdiana di Balai Kota Depok, Jumat (21/9).

Yelis mengatakan, pengembangan wisata yang didukung oleh masyarakat tentu sangat baik. Dengan begitu, wisata tersebut menjadi penting untuk dijaga dan dilestarikan oleh semua pihak.

"Kami juga berencana untuk mengembangkan satu kecamatan satu destinasi wisata," terangnya.

Dia mengutarakan, pihaknya akan terus mendukung rencana yang dirancang oleh Kecamatan Limo. Terlebih, di Sungai Pesanggrahan ada komunitas pecinta lingkungannya yang aktif seperti  Komunitas Peduli Pasanggrahan Depok (KP2D).

"Meski begitu, koordinasi lebih lanjut perlu dilakukan oleh pihak terkait. Selain, kewenangan sungai dan situ ada pada Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BWSCC). Kami juga memerlukan kajian mendalam untuk mendukung suatu rencana kegiatan," pungkas Yelis.

Camat Limo, Herry Restu Gumelar, mengatakan pihaknya akan menjadikan Sungai Pesanggrahan sebagai destinasi wisata alam yang berbasis pada pelestarian lingkungan.

"Ini upaya memunculkan potensi lokal suatu wilayah. Kelurahan Meruyung memiliki SDM yang mumpuni untuk dapat mengembangkan suatu wisata," ucap Herry.

Menurut Herry, rencananya wisata Sungai Pesanggrahan akan ditanami tanaman produktif seperti buah buni dan jamblang. Bukan hanya itu, aliran airnya juga akan dijadikan tempat pembibitan ikan lele sangkuriang.

Lurah Meruyung, Limo, Raden Galih Purnama, menuturkan beberapa waktu yang lalu, pihaknya sempat membahas upaya penghijauan dan penanganan situs yang sudah ada di Sungai Pesanggrahan bagian hulu. "Sejak itu, kami mengetahui kalau Sungai Pesanggrahan merupakan sungai purba yang bersejarah. Dan, ini jadi daya tarik wisata," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement