Selasa 06 Oct 2020 07:01 WIB

Tanggul Sementara Dibangun di Sebelah Panti Sosial Kedoya

Meluapnya Sungai Pesanggrahan ke Jalan Puri Kembangan akibat belum ada tanggul.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko.
Foto: Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Pur
Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) membuat tanggul sementara untuk mengatasi genangan di Jalan Puri Kembangan, sebelah Panti Sosial Kedoya, Senin (5/10).

Genangan di kawasan tersebut sejak Senin pagi hingga sore tidak juga surut akibat limpasan air dari luapan Sungai Pesanggrahan dari hujan pada Ahad (4/10) malam WIB. akil Wali Kota Jakbar, Yani Wahyu Purwoko, mengatakan, tanggul sementara dibuat dengan menaruh karung pasir dan triplek di gorong-gorong berdiameter 60 sentimeter (cm).

"Ini untuk menahan backwater (air datang kembali) dari Kali Pesanggrahan ke jalanan," ujar Yani saat meninjau lokasi secara langsung pada Senin.

Yani mengatakan, air limpasan Sungai Pesanggrahan terjadi akibat belum ada pengerjaan tanggul dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian PUPR. Di sisi lain, sepanjang 50 meter dari titik limpas Sungai Pesanggrahan, jalanan di Puri Kembangan membentuk cekungan.

Dapat dikatakan air tertampung di sana hingga ketinggian 30 cm. Hal itu menyebabkan pengendara motor dan mobil kesusahan sertabanyak mesinnya mogok melewati jalanan itu sehingga menimbulkan kemacetan. Padahal seharusnya genangan dapat dialirkan menuju Sungai Pesanggrahan.

Karena itu, dua unit pompa portabel dari Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan satu unit pompa portabel dari Pemadam Kebakaran Jakbar dikerahkan untuk menyedot air limpasan. Sekitar pukul 18.30 WIB, Jalanan Puri Kembangan sudah kembali kering dan dapat dilintasi pengendara motor dan mobil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement