Kamis 20 Sep 2018 16:53 WIB

Revitalisasi Tugu Pal Putih Yogyakarta Berlanjut

Ada dua sasaran yang direvitalisasi kali ini.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas dari Dinas Kebudayaan DIY melakukan pemotretan 360 derajat bangunan Tugu Pal Putih, di Yogyakarta, Rabu (16/3)
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Petugas dari Dinas Kebudayaan DIY melakukan pemotretan 360 derajat bangunan Tugu Pal Putih, di Yogyakarta, Rabu (16/3)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Revitalisasi Tugu Pal Putih Yogyakarta terus berjalan. Proyek yang sudah dimulai sejak akhir Agustus 2018 lalu itu meliputi berbagai pengerjaan.

Kepala Seksi Pelindungan dan Pengembangan Balai PWBCB  Dinas Kebudayaan DIY, Agus Suwarto, mengungkapkan ada dua sasaran yang direvitalisasi kali ini. Sasaran satu yaitu perawatan Tugu Pal Putih dan sasaran dua yaitu revitalisasi Taman Diorama Tugu.

"Sasaran satu, perawatan Tugu dan sekelilingnya meliputi penggantian batu andesit yang rusak, bongkar pasang besi pengaman tugu yang rusak,  pasang sabuk besi, coating batu pedestrian, papan informasi tugu dari akrilik, serta pekerjaan elektrikal lampu tugu," kata Agus.

Selain itu, pada sasaran satu ini, juga dilakukan penanaman pohon cempaka mulya, pemasangan rumput sintetis hingga penggantian tanaman yang rusak. Pun, urukan pasir untuk pemasangan rumput sintetis pun juga dilakukan, termasuk pengecatan Tugu Pal Putih.

Sementara itu, untuk sasaran dua Taman Diorama Tugu Pal Putih meliputi pembersihan, pekerjaan taman, mengganti tanaman yang rusak, pompa air hingga elektrikal Diorama. "Tulisan Tugu Gokong Gilig dan perlengkapan pemeliharaan Taman Diorama (juga diperbaiki)," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement