Rabu 29 Aug 2018 18:34 WIB

Sejumlah Destinasi Wisata di Lombok Siap Dibuka

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mulai berangsur membaik.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Pantai Senggigi, Lombok, salah satu andalan pariwisata NTB.
Foto: n4nk.blogspot.com
Pantai Senggigi, Lombok, salah satu andalan pariwisata NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sejumlah destinasi wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), siap dibuka kembali setelah ditutup akibat gempa bumi beberapa waktu lalu. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, salah satu destinasi yang dibuka yaitu Gili atau pulau kecil di Lombok Utara.

"Di Lombok utara pun untuk sementara yang gili-gili itu ada beberapa yang sudah siap (dibuka)," kata Yahya di Hotel Ambarukmo, Rabu (29/8)

Ia menuturkan, saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Lombok, mulai berangsur membaik seperti semula. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah penerbangan menuju Lombok yang mulai normal kembali.

"Kalau dari sisi penerbangan itu 90 persen sudah recovery. Bisanya lima ribu penerbangan wisman itu sekarang 4.500. Jadi hanyabkurang 10 persen, berarti tidak terlalu berat," katanya.

Dalam waktu dekat, ia pun akan meninjau sejumlah destinasi wisata di Lombok. Jika ada destinasi yang sudah bisa dioperasikan, maka akan dibuka. 

"Saya Senin mau ke sana (Lombok), jadi kalau sudah ada yang bisa dioperasikan meskipun terbatas akan saya operasikan," jelasnya.

Sehingga, setelah melakukan peninjauan maka baru bisa diambil keputusan apakah akan membuka Gili dan destinasi wisata lainnya atau menundanya sementara waktu.

"Saya harus yakin dulu (aman dikunjungi wisman), saya datangi. Harusnya besok, karena besok ada undangan dari DPR saya tunda menjadi hari Senin saya ke Lombok," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement