Senin 27 Aug 2018 17:05 WIB

Kawasan Wisata Kaliurang Bersolek

Kawasan Wisata Kaliurang merupakan ikon pariwisata yang sudah memudar.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wisata Kaliurang dan lereng Merapi
Foto: Antara
Wisata Kaliurang dan lereng Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemkab Sleman menggelar bersih-bersih Kawasan Wisata Kaliurang. Kegiatan yang mengusung tema Kaliurang Bersolek itu diawali dengan pengecatan Tlogo Putri di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY.

Bupati Sleman Sri Purnomo melakukan pengecatan perdana secara simbolis tanda dimulainya Kaliurang Bersolek. Melalui Kaliurang Bersolek, diharapkan nuansa segar kembali dan mampu menarik wisatawan datang ke Kaliurang.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Prana Binangun Bejo Wiryanto  menjelaskan, Kaliurang Bersolek memang merupakan kegiatan pengecatan warna-warni. Serta, penghiasa yang dipadukan mural-mural di Kawasan Kaliurang.

Bahkan, lanjut Bejo, pengecatan bangunan-bangunan yang ada tidak dibatasi. Ada yang merupaka bangunan-bangunan pribadi, maupun bangunan-bangunan pemerintah yang ada di Kawasan Wisata Kaliurang.

Menurut Bejo, itu dilakukan lantaran Kawasan Wisata Kaliurang merupakan ikon pariwisata yang sudah terlalu tua dan usang. Sehingga, semuanya perlu dilakukan perawatan-perawatan supaya bisa cantik kembali.

"Kita akan solek untuk mengembalikan kecantikannya yang hampir pudar itu," kata Bejo, Senin (27/8).

Senada, Bupati Sleman Sri Purnomo berharap, Kaliurang Bersolek dapat membuat kawasan wisata itu kembali indah, dan menarik wisatawan seperti sedia kala. Ia mengimbau Pokdarwis lebih aktif lagi menjaganya.

Termasuk, kepada wisatawan-wisatawan yang datang, Sri meminta mereka selalu menjaga kebersihan, ketertiban dan keindahan yang ada. Tujuannya, agar keindahan Kawasan Wisata Kaliurang dapat lestari.

Namun, ia tidak menampik kalau kawasan wisata memang harus terus berinovasi untuk menciptakan hal-hal baru, tanpa merubah keasriannya. Sri berpendapat, itu dapat membuat pengunjung mendapat pengalaman baru tiap datang.

"Banyaknya tempat wisata baru di Sleman, kami berharap Kaliurang tetap berbenah, sehingga terus meningkat kunjungan wisatanya," ujar Sri.

Pada kesempatan yang sama, turut dikukuhkan 32 pengurus Pokdarwis Prana Binangun di Omah Jawi Dusun Boyong, Desa Hargobinangun, Kecamatn Pakem. Pengukuhan dilakukan Kepala Dinas Pariwisata, Sudarningsih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement