Rabu 28 Dec 2016 15:28 WIB

Kaliurang Siapkan Berbagai Pagelaran Sambut Malam Tahun Baru

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Dwi Murdaningsih
Festival lampion/ilustrasi
Foto: flickr
Festival lampion/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kawasan Wisata Kaliurang kembali menyelenggarakan berbagai pagelaran seni dan rekreasi untuk memeriahkan libur akhir tahun dan menyambut tahun baru. Di antaranya Festival of Light, Festival Lampion, Festival Penjor, Kirab Budaya Lereng Merapi, dan berbagai pertunjukan musik.

“Rangkaian kegiatan tersebut sengaja kami gelar untuk memberikan pilihan wisata pada masyarakat yang ingin berlibur dan menghabiskan waktu malam pergantian tahun baru,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman, AA Ayu Laksmi Dewi, Rabu (28/12).

Saat ini pengunjung pun sudah bisa mengunjungi Festival of Light, Festival Lampion, Festival Penjor, dan Kirab Budaya Lereng Merapi. Sebab gelaran wisata tersebut sudah dibuka setiap hari, mulai pukul 15.00 hingga malam.

Sementara pertunjukkan musik sendiri baru digelar pada malam tahun baru (30/12), mulai pukul 20.00 sampai 24.00. Ayu mengemukakan, ada ada tiga panggung yang masing-masing nantinya akan diisi oleh jenis musik berbeda.

Panggung Pertama terletak di Telogo Putri dengan bintang tamu utama Braves Boys. Panggung Kedua di Lapangan GOR Kaliurang Barat dengan bintang tamu utama OM Lathansa. Panggung Ketiga di depan Wisma Sembada dengan bintang tamu utama Banyukustik.

“Nanti masih banyak seniman musik yang akan tampil di panggung pertunjukkan. Jadi siapapun bebas memilih mau menonton musik di panggung yang mana,” kata Ayu.

Ia berharap pengunjung bisa menikmati semua pagelaran yang disuguhkan di Kaliurang selama musim libur akhir tahun ini.

Sekretaris Disbudpar Sleman, Endah Widiastuti menambahkan, pagelaran seni tidak akan berakhir pada 31 Desember. Pasalnya tanggal 1 Januari pukul 10.00 masih ada pertunjukkan Jathilan dari Kelompok Jathilan Cipto Wilogo Kalasan di Tlogo Putri Kaliurang.

“Selain itu, tanggal 1 juga ada pertunjukkan musik keroncong neo kustik di MGM (Museum Gunung Merapi) pukul 10.00,” kata Endah. Menurutnya, berbagai pagelaran seni di Kaliurang sangat cocok sebagai ajang rekreasi keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement