Selasa 14 Aug 2018 00:50 WIB

Pengganti Sandi dari PKS atau Gerindra? Ini Pendapat PAN

Sandiaga telah resmi mundur dari jabatan wagub DKI Jakarta.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Koalisi Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri pembukaan Jakarta Great Sale di Belpark Mall, Jalan Tb Simatupang, Jakarta Selatan, Ahad (12/8).
Foto: Republika/Sri Handayani
Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Koalisi Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri pembukaan Jakarta Great Sale di Belpark Mall, Jalan Tb Simatupang, Jakarta Selatan, Ahad (12/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) bersedia mendukung siapa pengganti Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno yang disepakati oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selaku pengusung. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN Saleh Partaonan Daulay berharap sosok wakil gubernur yang disepakati nantinya bisa merepresentasikan Sandiaga.

"PAN tentu akan mendukung calon yang benar-benar bisa merepresentasikan Sandi. Baik dari sisi kepemimpinan maupun dari program-program pemberdayaan yang ditawarkan," kata Saleh saat dihubungi republika, Senin (13/8).

Ia meyakini, bahwa Partai Gerindra dan PKS akan mengusulkan kandidat dengan kapasitas dan kriteria seperti sosok Sandiaga. Meskipun demikian, PAN akan mengikuti aturan di mana yang berhak mengusulkan pengganti Sandi di DKI adalah Gerindra dan PKS.

"Aturannya begitu. Hanya Gerindra dan PKS yang boleh mengusulkan. Setelah masuk ke DPRD, barulah nanti diberikan penilaian oleh fraksi-fraksi yang ada. Selanjutnya dipilih atau ditetapkan salah satu dari beberapa calon yang mungkin diusulkan," jelasnya.

Anggota Komisi IX tersebut meminta Partai Gerindra dan PKS untuk segera menyebutkan nama kandidat yang akan mereka usulkan. Dengan begitu, menurutnya fraksi-fraksi dan masyarakat dapat segera memberikan penilaian.

"Termasuk tentunya penilaian dari Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta," tuturnya.

Ketua DPP PKS Aboe Bakar Alhabsyi menilai, Anies juga perlu dilibatkan dalam penentuan wakilnya. Sebab menurutnya, yang akan bekerja adalah gubernur dan wakilnya, sehingga mustahil Anies tidak tahu dengan siapa wakilnya kelak.

Ia berharap pengganti sosok Sandi nantinya diharapkan sosok yang mampu melengkapi satu sama lain. Sehingga, tidak ada kesamaan latar belakang di dalam kepemimpinan Jakarta ke depan.

"Janganlah sampai dua matahari bersatu," katanya.

Baca juga:

PKS Ingin Kadernya Gantikan Sandiaga Uno

DPD Gerindra Dorong M Taufik Isi Jabatan Wagub DKI

Anies Komentari Soal Calon Pengganti Sandiaga

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement