Senin 06 Aug 2018 03:05 WIB

Hasto: Sekjen Koalisi Sepakat Hentikan Lobi ke PAN

Koalisi masih membuka jika PAN ingin bergabung ke poros Jokowi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Sekjen PDI Perjuangan - Hasto Kristiyanto
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sekjen PDI Perjuangan - Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan para sekretaris jenderal koalisi Joko Widodo sepakat tidak melanjutkan proses lobi dengan PAN agar tetap di poros Jokowi. Menurut Hasto, sekjen koalisi saat ini hanya ingin fokus untuk persiapan pendaftaran dan pemenangan pasangan calon presiden Jokowi dan calon wakil presidennya nanti.

"Kami berfokus untuk menyiapkan seluruh tahapan-tahapan pemenangan bersama para sekjen, sehingga kami tidak melakukan lobi lobi lebih lanjut (ke PAN)," ujar Hasto di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, Ahad (5/8).

Hasto menyampaikan hal tersebut lantaran PAN hingga kini belum juga menetapkan dukungan pada pemilihan presiden (pilpres) 2019. PAN juga menunda pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 6-7 Agustus 2018 yang semula untuk menentukan arah dukungan ke Pilpres.

PAN saat ini masih tergabung dalam koalisi pendukung Pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla. Namun beberapa waktu terakhir ini, PAN lebih intens komunikasi dengan poros Prabowo Subianto.

Menurut Hasto, komunikasi informal dengan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Suparno mengungkap PAN masih menunggu konfirmasi lebih lanjut. “Apapun, seluruh koalisi pendukung Jokowi sudah solid, saatnya kami melangkah lebih jauh berkaitan dengan tahapan-tahapan persiapan untuk ke KPU," ujar Hasto.

Kendati demikian, koalisi masih membuka jika PAN ingin bergabung ke poros Jokowi. Namun, kata Hasto, proses dialog tersebut diserahkan langsung ke Jokowi.

"Pada akhirnya tentu saja kesepakatan itu kita serahkan kepada bapak Jokowi. Tentu saja dimungkinkan untuk melakukan dialog itu," kata Hasto. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement