Sabtu 28 Jul 2018 22:09 WIB

Oso tak Percaya Lembaga Survei Dalam Negeri

Hasil survei menunjukkan Hanura tidak diperhitungkan dan menempati posisi rendah.

Ketua DPD RI - Oesman Sapta Odang
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ketua DPD RI - Oesman Sapta Odang

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang tidak percaya dengan hasil survei oleh lembaga-lembaga survei dalam negeri. Hasil survei lembaga-lembaga itu menempatkan Hanura tidak diperhitungkan dan menempati posisi rendah pada Pemilu 2019.

"Saya tidak percaya hasil survei (lembaga survei dalam negeri, Red)," katanya, dalam pembekalan bacaleg Partai Hanura Sumatra Selatan, di Palembang, Sabtu (28/7).

Oesman Sapta Odang (Oso) secara terang-terangan menyatakan hasil survei mengenai peringkat partai politik yang diumumkan kepada publik ada yang membiayai. Survei itu dilakukan untuk tujuan menguntungkan partai tertentu.

Karena itu, dia menolak hasil survei yang dilakukan dan telah diumumkan kepada publik. Survei itu tidak sesuai dengan semangat dan soliditas kader bersama pengurus Hanura di lapangan.

"Kalau melihat semangatnya seperti ini, saya perkirakan nomor tiga, malah bisa nomor satu," kata wakil ketua MPR itu pula.

Ketidakpercayaan Oso terhadap lembaga survei di dalam negeri bukan tanpa alasan. Hal itu didasari adanya survei yang dilakukan terhadap elektabilitas parpol peserta Pemilu 2019 oleh lembaga survei internasional.

Hasilnya, kata Oso, bertolak belakang dengan survei lembaga di dalam negeri. "Angkanya 4,7 persen (elektabilitas Hanura)," katanya.

Oso terkejut dan lebih percaya kepada lembaga survei internasional. Hasil survei lembaga internasional itu menempatkan peringkat Hanura di atas NasDem, PAN, PPP, dan PKB.

Hasil survei lembaga internasional yang memperkirakan suara Hanura sebesar 4,7 persen pada pemilu mendatang itu menempatkan partai ini pada peringkat keenam. Oso meyakini dan lebih percaya hasil lembaga survei internasional itu. "Lembaga internasional, nggak pake bayar-bayar. Siapa bisa mengarah-arahkan," katanya lagi.

Dalam kunjungan kerja ke Palembang, Oso juga menyampaikan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bagi pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Khusin Ryu M Karate Do Indonesia (KKI) di Gedung Trisila, Palembang, Sumsel, Sabtu siang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement