Kamis 05 Jul 2018 11:06 WIB

Jakarta, Kota di Dunia yang Paling Dicintai Warganya

Jakarta berhasil mengalahkan Tokyo dan Vancouver dalam ajang We Love Cities 2018

Ibu kota Jakarta di malam hari
Foto: WordPress
Ibu kota Jakarta di malam hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kota Jakarta unggul sebagai pemenang global ajang We Love Cities 2018 yang diselenggarakan oleh World Wide Fund for Nature. Selain ajang We Love Cities, Jakarta kembali terpilih menjadi pemenang nasional One Planet City Challenge (OPCC).

"Jakarta menang dengan jumlah dukungan yang telak dibanding kota lainnya. Ini menunjukkan kemampuan Jakarta merangkul warganya untuk memberikan dukungan dalam ajang kampanye internasional ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Kamis (5/7).

Dengan kemenangan mutlak tersebut, Jakarta berhak menyandang gelar sebagai kota paling dicintai warganya dan mengalahkan sejumlah kota besar lainnya di dunia, termasuk Tokyo, Vancouver, dan Kuala Lumpur.

Setelah melewati kampanye masif pada 7 Mei sampai 30 Juni 2018, Jakarta berhasil menjadi pemenang. Penghargaan itu melibatkan kontribusi warga Jakarta untuk memberikan dukungan mereka kepada kota tercinta melalui pemungutan suara dan saran-saran perbaikan untuk pembangunan kota.

Jakarta selaku pemenang kampanye We Love Cities 2018 dan pemenang nasional OPCC akan menerima sertifikat dan pengakuan global pada acara OPCC Global Awards Ceremony dalam rangkaian Global Climate Action Summit di San Francisco, Amerika Serikat pada 12-14 September 2018.

Isnawa  menambahkan kemenangan itu dicapai berkat dukungan dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta, BUMD, lembaga swadaya masyarakat, dan terutama dukungan seluruh warga. "Mustahil kemenangan ini dapat diraih tanpa kontribusi warga Jakarta yang mencintai kotanya. Bapak Gubernur dan Wagub bahkan ikut serta berkampanye melalui ajakan dalam video pendek yang menjadi viral di sosmed," katanya.

Salah satu kunci kemenangan Jakarta, Isnawa mengungkapkan adalah interaksi di sosial media menggunakan tagar #WeLoveJakarta. Tercatat 164.954 interaksi di sosial media dan 4.464 saran untuk menjadikan Jakarta lebih baik dari warga Jakarta.

Dinas Lingkungan Hidup memang telah sejak lama menggunakan sosial media untuk membangun komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam mendukung program-program pembangunan Jakarta di bidang lingkungan hidup dan pengelolaan kebersihan.

"Sesuai kebijakan Bapak Gubernur Anies Baswedan, bahwa membangun Jakarta harus dengan pendekatan berbasis gerakan," kata Isnawa.

Pola gerakan tersebut melibatkan seluruh elemen yang ada di Jakarta untuk bekerja bersama-sama. Pencapaian itu sebagai salah satu hasil.

Untuk menjadi pemenang We Love Cities, Jakarta harus bersaing dengan 50 kota finalis dari 21 negara. Tujuan kampanye itu untuk meningkatkan umpan balik dan melibatkan warga dalam pembangunan kota berkelanjutan untuk mendukung aksi menghadapi tantangan perubahan iklim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement