Rabu 20 Jun 2018 23:29 WIB

Gunung Lawu Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

BPBD, Perum Perhutani, dan pihak kepolisian sudah menutup jalur pendakian.

Kebakaran Gunung Lawu
Foto: Antara
Kebakaran Gunung Lawu

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Sebagian kawasan Gunung Lawu terbakar. Akibatnya, seluruh jalur pendakian menuju puncak gunung tersebut, termasuk jalur pendakian Cemoro Sewu di Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, ditutup.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra di Magetan, Rabu (20/6) menuturkan, petugas BPBD, Perum Perhutani, dan pihak kepolisian sudah menutup jalur pendakian itu sejak Selasa (19/6) malam. "Petugas sudah melakukan penutupan sementara jalur pendakian Cemoro Sewu," jelas Fery.

Menurut keterangan yang diperoleh Fery dari petugas yang berjaga di`basecamp pendakian, kebakaran terjadi di lereng Gunung Lawu yang berada di wilayah Jawa Tengah. "Berdasarkan informasi yang saya terima, kebakaran terjadi di kawasan Argo Tiling, petak 63 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Nglerak, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta," kata Fery menjelaskan.

Menurut keterangan petugas, bau asap kebakaran hutan tercium dari pos satu dan pos dua jalur pendakian Cemoro Kandang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. "Sejumlah relawan sudah bergerak naik guna melakukan penyisiran pendaki Gunung Lawu. Karena titik api berada di dekat jalur pendakian Candi Cetho," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement